Teropong Jodoh SEMEN PADANG – “Berusaha Merebut Poin Dari Calon Papah Mitoha”

Pita Pink

Masih belum terkalahkan dalam 5 pertandingan awal liga adalah sesuatu yang patut disyukuri, dan Persib bakalan kembali mencoba melanjutkan rentetan hasil positif itu. Kali ini lawan berat menanti Persib, kudu away ka Padang. Ieu lain ujian nasional deui, geus setara maen ka imah calon mitoha untuk pertama kali dan lainna mawa martabak tapi mawa cilok depan Gasibu.

Semen Padang belum pernah eleh di kandang, tapi bukan berarti selalu menang oge. Di pertandingan pertama dalam derbi Andalas, Semen Padang maen remis 1-1 sama Sriwijaya. Satu-satunya kemenangan yang diraih di kandang adalah ketika Marcel dkk. mengalahkan tim kuat Persipura dengan skor tipis 1-0. Sejauh ini Persib punya catatan alus ketika maen di luar Bandung, sakali menang dan sakali draw. Tapi maen di Padang mah Persib punya catatan kelam euy.

PELATIH

Sejak tahun 2015 Papah Nil Maizar dipercaya manajemen Semen Padang buat menduduki kursi pelatih sampai saat ini. Mungkin nanti, 5 taun ke depan bukan tidak mungkin Papah Nil sebagai wali putrinya yang sah akan duduk berhadap-hadapan dengan kami sambil disaksikan oleh beberapa orang saksi kemudian kami mengucapkan “Saya terima nikah dan kawinnya Rania Salsabila binti Nil Maizar dengan separangkat alat mandi dibayar tunai.” Mungkin, loh ya. Tapi nanti eta mah. Tunggu aja. Sekarang mah biarin Papah Nil fokus dulu duduk di bench.

Papah Nil ieu salah satu pelatih yang kerap merepotkan Persib, Musim lalu di Turnamen Kopi bersama Papah Nil, Semen Padang berhasil ngabantai Persib 4-0 di Stadion H. Agus Salim. Mundur lagi ke tahun 2012 di pembukaan IPL pas maen di Bandung oge Persib dibiuat ripuh sama Papah Nil, beruntuk tendangan penalti Radovic berhasil meyelamatkan muka Persib. Edan atuh CV na ge si Papah mah, pernah ngalatih Timnas Indonesia, braaayyyy. Papah termasuk pelatih yang setia, hampir sebagian besar karir kepelatihannya dihabiskan di Padang, ti mulai Semen Padang u-21 lanjut jadi asisten pelatih juga di Semen Padang nepi akhirna diangkat jadi pelatih kepala. Cuma Persisam klub di luar padang yang pernah papah tangani. Semoga aja kesetiaan si Papah menurun pada anaknya yess.

KELEBIHAN

Si Papah biasanya menggunakan formasi 4-4-2 pada babak pertama. Di lini tengah biasanya si Papah akan memainkan Rudi atau Didier Zokora untuk berduet dengan Vendry Mofu, menopang pergerakan pemain sayapnya, Finno Andrianas dan Adi Nugroho. Di lini depan Semen Padang akan memasang Marcel Sacramento berduet dengan Samsul Bahri.

Babak pertama Semen Padang bermain cenderung menunggu dan sesekali keluar menyerang memanfaatkan serangan balik cepat. Semen Padang boga Marcel di hareup nu kuat dalam melindungi bola, cocoks atuh buat klub nu maen make serangan balik mah. Lawan Persipura, Semen Padang bener bener mengandalkan serangan balik. Gul semata wayang Semen Padang dicetak lewat serangan balik, Lawan Persipura penguasaan bola Semen Padang ngan 37% dong. Sabelas dua belas sih dengan cara bermain Persib pas ngelehkeun Persipura.

Selama babak pertama, Semen Padang baru mencetak satu gol, gol itu terjadi di rentang menit 16 sampai 30. Kunci kekuatan Semen Padang di babak pertama ada pada Rudi/Didier Zokora, Vendry Mofu dan Marcel Sacramento.

Sampai laga kelima ini Semen Padang sudah melakukan upaya mencetak gol lewat tajongan sekitar 40 kali, tapi hal tersebut tidak diimbangi dengan tingkat akurasi yang baik, jika dirata ratakan per pertandingannya, Semen Padang hanya mampu mencatatkan  2 kali tendangan yang mengarah ke gawang. Walau memiliki catatan rataaan tembakan kegawang yang tidak istimewa, pemaen Semen Padang masih bisa memanfaatkan peluang yang sedikit itu. Dari 5 gul yang diciptakan oleh pemaen Padang, 3 di antaranya terjadi dalam posisi yang hese buat nyetak gul. 

Gol Irsyad jeung Marcel terjadi ketika peluang eta sebenerna kecil persentasenya buat jadi gul. Karena posisinya jauh dari gawang, Rek aya peluang sekecil apapun bisa jadi gul. Yang perlu diingat, tiluan eta adalah pemaen kunci Semen Padang. Dan para pemain kunci itu biasanya baru dimasukkan oleh Papah pada babak ke dua. Kemungkinan Rudi oge dimasukan di babak kedua andai Papah memainkan Didier Zokora sejak menit pertama. Jika Rudi masuk, biasanya formasi akan berubah menjadi 4-2-3-1/ 4-3-3 dengan menggeser Vendry Mofu lebih ke depan. Sementara duo flank akan ditempati Irsyad Maulana dan Rico Juntak. Nah ini formasi sesungguhnya papah Nil di babak kedua.

Formasi Papah Nil di babak kedua ini memang menjadi andalan untuk meraup poin. Semen Padang mampu menghasilkan empat gol di babak kedua dari total 5 gol. Rinciannya pada rentang 61 sampai 75 Semen Padang mampu mencetak 3 gol dan pada rentang menit 76 sampai 90 Semen Padang mencetak 1 gol. Rada bahayiws buat pertahanan Persib, kudu fokus sampai peluit akhir dibunyikan ini mah, tidak ada waktu untuk balangah.

KELEMAHAN

Dalam dua pertandingan terakhirnya, Semen Padang tengah kesulitan dalam mencetak gul. Melawan Bali United dan Borneo FC, klub asal Sumatera Barat ini harus takluk masing-masing dengan skor 0-2 dan 0-1. Gagal mencetak satu gul pun dan kudu rela kaasupan 3 gul. Sungguh menyedihkan.

Marcel jeung rengrengan grup penyerang Semen Padang mendadak mandul. Di pertandingan terakhir lawan Borneo pemain Semen Padang tidak mampu menciptakan tajongan ke arah gawang Borneo. Di Padang nanti hilal can katingali, yah mudah mudahan aja puasa gul pemaen Padang masih berlanjut sampai Henhen maen jerseyna dikaluarkeun.

Pemaen ngora yang dimiliki Semen Padang oge terlihat masih demam panggung, kaciri lah bedana jeung Irsyad atau Rico Juntak. Samsul masih sok salah maca maksud dan kahayang Marcel, Marcel jadina kekurangan suplai di lini depan jeung terkesan gawe sorangan. Mayan babak kahiji saacan Samsul jeung Adi Nugroho diganti bisa dimanfaatkeun keberadaan duaan eta.

Sering ngagulkeun di babak kadua, ternyata Semen Padang oge sering kabobolan di babak kadua, masuknya pemain senior membuat cara bermain Semen Padang berubah, jika babak pertama Semen Padang cenderung bertahan, di babak kedua seiring dengan masuknya pemain macam Irsyad, Rudi, dan Juntak. Semen Padang mulai percaya diri keluar menyerang sehingga fokus permainan pun tidak terbatas pada pertahanan saja, Tingali weh gol terakhir Lerby ka gawang Semen Padang, kumaha lini belakang Semen Padang khususna kiper, bola leupas dan bisa dieksekusi dengan enjoy ku Lerby. Gol Comvalius ge kitu, bisa enakeun kitu atuh skema di kotak penalti Semen Padang saacan Comvalius ngagulkeun. Tilu kali kaasupan Semen Padang semuanya terjadi di dalam kotak penalti. Di rentang waktu menit 60 sampai 75 gawang Padang sudah 3 kali kemasukan dari total 5 kali kemasukan. Berita bagus lainnya adalah menurut rumor ieu mah kalau 2 kiper Padang bakalan absen karena cedera jadi ada kemungkinan kiper ngora 18 taun nu bakal maen. Tapi eta masih kabar burung, ulah percaya heula. Sok antik tiba tiba jol maen nu cedera teh.

CIRIANEUN

Marcel Sacramento jelas jadi pemaen paling berbahaya dari Semen Padang. Marcel sudah main selama 450 menit alias selalu tampil 90 menit full dalam 5 pertandingan Semen Padang. Marcel boga penempatan posisi yang joss, daek lumpat muka ruang jadi opsi operan dan daek ngepress di area pertahanan lawan, tajongannya juga oke punya atuh. Gul basa di Turnamen Kopi kamari pas manehna ngapress Kakak Basna jadi sinyal bahaya ulah nepi ngajieun kesalahan nu teu perlu. Marcel juga jadi algojo tendangan bebas utama Semen Padang. Satu-satunya Gul Marcel di Liga Gojek ayeuna, diciptakan lewat lewat tendangan bebas. Mebes siah jiawww.

Selain Marcel, nama Vendry Mofu oge kudu jadi perhatian. Doi lah pelayan setia Marcel. Total, Mofu telah mencetak 2 gul nu semuanya tercipta dari dalam kotak penalti. Pergerakan liar dan kerja sama apikna dengan Marcel jelas kudu jadi perhatian lini pertahanan persib nantinya. Entah Dedi, Mas Har, Kim, Timo atawa Bazit dan juga backfour andalan kita semua kudu tetap fokus jeung sigap.

 

Salam, [fah,jay,zky/xuk]