Tiada Indahnya

Tiada yang indah

Jika Persib bermain pasrah

Untuk menghindari kalah

Para pemain tampak lelah

Kami hanya bisa tabah

Tidur pun gelisah

Bangun pagi tanpa gairah

Celana kami mulai basah

Cukup sudah………

Persib berhasil mencuri 1 poin dari tamasyanya ke Padang. 1 poin yang cukup berharga karena bisa ditukeurkeun jeung 1 porsi nasi rendang di rumah makan sederhana. Tidak ada yang spesial dari permaenan kedua tim semalam, maen dengan tempo yang lambat dan hati-hati. Teu apal kitu karma bagi mereka yang memainkan hati? Xad.

Dihantui oleh traumatik selalu eleh dalam dua pertandingan terahir lamun maen di Padang, coach djanur memilih maen aman, permainannya di Babak kahiji sungguh menunduhkan mata dan membuat bosan siapa saja yang menontonnya sorangan. Bagi kami yang nontonnya sama kabogoh sih mending teu bosen teuing. Persib jeung Padang rek kumaha maenna teu jelas. Bola loba leungit di tengah lapang, saeutik saeutik pelanggaran, bola baru lewat garis tengah udah dilanggar membuat pertandingan sering ereun dan bola jarang sampai ke kotak penalti lawan, Bola sih papuket di tengah, lamun teu nya paling ka gawirkeun deui. Bek Persib jeung Padang nya geunah teu perlu gawe beurat-beurat.

Garis pertahanan nu dibentuk ge rendah, sehingga membuat para pemain semen Semen Padang kesulitan melakukan kombinasi dari area tengah menuju kotak pinalti persib. Rico hese ngecoh bang Pardi, begitu pun Kevin Ivander nu susah ngejailin Henhen. Di babak pertama sih henhen kerjanya cenderung lebih ringan karena serangan semen padang lebih sering diarahkan kepada rico juntak yang beroperasi disayap kiri pertahanan persib.Euweuh hal nu aneh-aneh. Emang pada dasarnya baik Semen Padang ataupun Persib sarua maen disiplin. Si papah embung eleh deui, kuc Djanur masih berhasrat menjaga rekor tak terkalahkannya.

Marcel jarang dapet bola, lagian emang Zokora jeung Rudi Doank ieu loba maen di wilayahna sorangan. Sababaraha kali emang zokora berhasil mere operan buat jadi peluang tapi posisi pas dieksekusina henteu ideal pisan. Adi Nugroho sebagey seken striker mah tidak bisa diharapkan, pergerakanna teu kaharti aya dimana jeung rek kamana. Rek ka Pasteur jauh teuing, rek ka Mekkah can boga Visa jadina nya rapet weh sama Rudi jeung Zokora. Posisina jadina ngagokan, Marcel geus meunang bola ka gawir eh di kotak penalti kurang jalma jadi teu bisa krosing. Bantuan ti lini kadua nu eweuh jadi sebab permaenan Padang macet jiga di Jalan Tubagus Ismail pas keur jam balik gawe.

Saruana jeung Padang, Persib oge maen capruk teu katulungan. Disaat Papah Nil teu fokus ngalatih karena sedang sibuk mempersiapkan pernikahan putrinya sama kami, kuduna eta jadi peluang keur minimal mah nyetak gul. Emang dasarna ngincar hiji poin, Padang teu bisa ngasupkeun yaudah aja sama sama gausah ngegulin. Kompak iihh~. Dado kesulitan alirin bola sedangkan Mas Har terlalu focus menjaga kedalaman sehingga posisinya terkesan terlalu mepet pisan sama Vlado jeung Jupe. Zola jadina kudu ngalawan Zokora jeung Rudi ku sorangan. Dado kurang bisa mere suplai bola yang enakeun, karena ketika pegang bola  langsung dipress wae. Ketika deadlock jiga kieu, operan panjang menuju gawir menjadi jalan keluar yang dipilih, Peluang ti gawir sebenerna emang lebih nyereud. Beberapa kali bola berhasil krosing dikirim ka kotak penalti, tapi Shohei atawa Zola sok eleh duel wae, aya Zola dalam posisi yang bener, tapi tajongan saltona masih lemah . Ari pas si Cole maen eweuh bola-bola krosing kitu teh. Hahahaha.

Padang tumben-tumbenan deui masang Rico Juntak ti mimiti, niatna mungkin ingin langsung dapet gol dibabak pertama, untungna tidak terlalu merepotkan sih. Disiplinnya pemain belakang persib memang membuat kesulitan para pemain semen padang untuk mencetak gol.  Di babak kadua masuknya paketan Mofu jeung Irsyad membuat serangan Padang jadi lancar jaya kusumah. Boga 2 sayap yang gancang jadi aya opsi tambahan buat Papah nyerang Persib, terutama lewat Irsyad yang nyoba tusbol tusbol areanya Henhen. Karek asup irysad langsung bikin bahaya pertahanan persib pergerakannya di gawir kanan persib beberapa kali berhasil bikin henhen kerepotan, satu peluang bahaya lewat sacramento diawali dari pergerakan irysad yang berhasil mengcoh henhen kemudian melepaskan operan kepada sacramento yang dengan cerdik sedikit melakukan gerakan tipuan dan langsung mere tajongan berbahaya, beruntung masi bisa ditepis ku deden.

Aliran bola ngadadak lancar dan chemistry Mofu-Sacramento ge kaciri ateuh. Babak kadua berjalan jauh lebih sulit buat Persib. Irsyad menyulitkan Henhen, Mofu sering tiba-tiba di jero kotak penalti. Melihat pos nya henhen diekspolitasi ku irsyad, membuat mas Mas Har kerap ikut mantuan Henhen, nga-cover mun Henhen keur linglung. Mencium tanda bahaya karena semen padang mulai bisa meyerang di kedua sisisnya, coach janur langsung merespon tanda bahaya itu dengan menarik keluar henhen digantikan oleh pemain senior tony sucipto.

Pergantian Persib sih mubadzir, dahar-modol-dahar deui-modol deui-dahar deui-modol deui. Begitu seterusnya moal wareg-wareg. Pergantian yang rada lumayan ya pergantiannya henhen sama tony, masukna tony sedikit mampu menahan laju serangan semen padang di sayap kanan pertahanan persib, Essien nu biasana sok mere umpan-umpan ajaib kamari mah eweuhan pisan. Poho jigana, tinggaleun di mess. Panyakit essien yang suka betah megat aci di depan membuat lini tengah agak riskan untuk ditembus semen padang, memasukan maitimo sebagai seorang gelandang merupakan keputusan yang tepat, meskipun kaitung telat asupna, 5 menit terakhir. Ngan lulumpatan hungkul meh kaciri kesangan. Mayan 5 menit ge ngasaan jadi kapten kedeung. Maitimo asup, Essien semakin jongjon ngajentul pang hareupna. Emang targetna sih jigana mawa 1 poin ka Bandung. Atau emang Djanur mengarapkan Dewi Fortuna? Keur malam mingguan si Dewi na ge, sama pacar barunya. Yang lebih mapan. Lebih tampan. Jadi we teu muncul pas udah digeroan sama Djanur.

Kata Djanur: “Dapat satu poin di pekan keenam dalam kompetisi ini saya pikir hasil yang patut disyukuri, jujur sulit sekali mendapat 3 poin di Padang apalagi kalau kita lihat statistik sebelumnya kita selalu zero tidak pernah bawa poin, jadi hari ini patut kita syukuri” (Simamaung)

Well, ambil 1 poin di tandang emang alus sih, jaba melihat rekor buruk Persib di Padang mah. Kudu disyukuri atuh. Kan di Quran ge disebutkan: “Lain Syakartum Laazii Dannakum” = “Jika kalian bersyukur (atas nikmat yang aku Allah berikan) maka akan kutambah (nikmatku Allah). Yah semoga weh ya nikmat draw ini bisa bertambah jadi kemenangan pas maen lawan Borneo nanti.

Dan untuk Papah Nil:

Maafkan aku

Membuat harimu kelabu

Bukan maksudku

Mengecewakanmu…..

Walau begitu

Aku tetap pada pendirianku

Membawa putrimu

Ke hadapan penghulu

Dengan modal uang seribu

Ku mohon doa restu

Semoga papah mau

Menjadikanku menantu

Sehingga dia dan aku

Bisa bersatu

sampai waktu

Akan Berlalu

 

Salam, [zky,fah/xuk]