오징어게임

Wanci sonten yang mendung di Gerlong, kami yang baru rengse mengikuti kajian Al-Hikam di DT membuka line up Persib yang tanding malam ini. Tertulis nama Natshir menempati pos penjaga gawang, “HMMM DD DD GMZ (Deden Deui Deden Deui G**** M**** Z****)” ucap kami dalam qalbu.

Rungkad. Setidaknya begitulah yang dirasakan hampir semua bobotoh setelah lalajo pertandingan lawan Borneo. Rarudet! Sagala karasa teu ngeunah. Berharap mendapatkan hiburan selepas ngantor, yang disaksikan justru ramijutnya permainan Persib baik dari taktikal maupun permainan. Hanas buru-buru ingin cepat selesai kerja supaya bisa lalajo Persib, sampai-sampai salah bawa helm pas mau pulang. Pergi pake helm TRX, pulang malah pake helm nu dipake Petr Cech.

Begitu juga kerudetan nu aya di pikiran para pemain ti kadua tim. Kana heunceut weh gesit, maen mah Rungkad. Malem jumat nu waktuna menjalankan ibadah Sunah Rasul, ieu mah kalahkah kudu mengbal. Karena pikiran para pemain yang tidak fokus ke pertandingan, akhirna para penonton disuguhkan permainan yang monoton jeung nyieun setun. Aslina ku tilu gelas kopi wae masih keneh tunduh ngalalajoanna. ieu mah bisa dijadikeun penelitian jang terapi insomnia jigana di kemudian hari. Anda susah tidur? Silahkan lalajo Persib di bawah asuhan Rudet Albert.

Wander Ngereles

Seperti pertandingan pertandingan sebelumnya, Persib kembali menemukan kebuntuan untuk mendobrak pertahanan lawannya. Persib turun dengan formasi yang tidak jauh berbeda dari pertandingan lawan Bali Unaitid, hanya Ezra yang cedera diganti Vzcrdt, dan posisi Bang Jupe yang kembali diisi Nick Kuipers yang sudah fit.

Sedangkan Wander yang bertekad membuka keran golnya kembali tidak berkutik. Niin semakin tidak fokus karena bek yang mengawalnya memiliki nama seperti genre favoritnya di dunia perbokepan:  JAVlon Guseynov. “anying teh si ieu bengeutna mah jiga jelema soleh ari ngaran meuni jorang bray.” ujar Wander di dalam hatinya.

Opat pertandingan, nil gol. Bener-bener tipikal penyerang kanu henceut weh gesit maneh mah Nder.

“Jadi bisa dilihat dampak jika gelandang tidak mencetak gol, para striker harus benar-benar mengambil alih itu, dan itu bagian yang masih kurang. Di dua laga berikutnya, karena kami punya enam laga di seri pertama, itu adalah hal yang harus kami perbaiki dan pemain depan harus bisa membenahinya,”

“Luiz seolah bekerja sendirian karena tak ada Geoffrey yang bersamanya. Tapi Luiz juga harus bisa menunjukkan kemampuannya dalam mencetak gol. Semua tahu itu, jadi tentu saja akan ada tekanan,” Bct Rudet Albert [simamaung]

Jangankan bobotoh, ternyata pelatih ge geus mulai hareudang dengan performa Wander. Tapi naha atuh geus jelas butut kitu teh teu coba neang solusi eta aki-aki jormod teh. Manehna punya kewenangan ngatur permaenan Persib. Bisa otak atik, tapi betem weh anying teh di bench. Sakalina cengkat ngadon nyampeurkeun kamera.

“apa kalian liat Vzcrdt?”

Samaruk keur syuting Dora the explorer anyeng. “tanya peta… tanya Peta… aku Robet the explorer dan ini Boots si monyet” bari manehna nunjuk nu make sapatu bereum di bench. So imut kehed!

Peluang ciamik pertama Persib datang dari Wander Luiz. Mun nempo si ieu sok inget karikatur dinu majalah Tempo nyuak? Kumisna teu kuat si Wander, andai ada lelang terbuka, pasti kumisna akan terjual dengan harga tinggi pisan. Aya bahan dibeuli ku Elon Musk. Mendapatkan umpang matang R1 + segitiga, Wander lumpat mengelabui barisan pertahanan Borneo, bola disepak ku kenca, hanya saja akurasinya butut bagaikan jalan Haur Pancuh dekeut pertiluan nu aya tukang pempek enak tea.

Cigondewah Pride kemudian meunang peluang deui. Vscrdt seakan ingin membuktikan dia masih punya kapabilitas di tim. Ia menyodorkan umpan membelah bujur kepada Wander Luiz yang tinggal berhadapan hiji lawan hiji jeung si Angga. Tapi nya kitu deui, suku kenca Wander tidak setajam suku kanannya, efek dari siki kanyutnya yang kiri 0,5mm lebih besar dari yang kanan. Tembakannya hanya ngagabred jaring gawang yang dikawal Angga dari luar. Gogodeg dong Vzcrdt ningali teknik najong kitu.

Dimainkannya Vzcrdt sejak menit pertama tentu saja menambah angin segar untuk Borneo FC. Bak seperti serial Kartun Adit Sopo Jarwo, Fizcara ini berperang sebagai Dennis yang selalu menjadi beban si Adit. “Etaaam sini bola nya aku tendang!” “Etaam awas ada Bang Javlon!”

Vzcrdt selama pertandingan gawena hanya meneriaki Etam Becks. Permainan  Vzcrdt ini seperti salah satu lirik dari payung teduh,

Berjalan bersamamu dalam terik dan hujan

Berlarian ke sana kemari dan tertawa

Etam Becks, yang sempat dianggap sangu gigih ku Nouri pada laga versus Bali, dengan bangga kini ia berani memamerkan bulu-bulu kumuud halusnya yang sengaja dimunculkan dari celana kolornya. Pertanda kini ia makin dewasa, siap pabeulit letah dengan para pemain Borneo. Tapi ternyata Becks nu pas lawan Bali Yunaitid maen paling madep nyetak dwigol peuting tadi mah teu sasukses basa mangkukna. Sabaraha kali Etam maksakeun mere umpan daerah ka Bow nu hasilna mah mun teu ka intersep, nya jauh teuing.

Overall passing Rashid, Klok, Etam angin-anginan sih. Beberapa aya nu bisa nembus pertahanan Borneo, ngan dijieun percuma ku barisan penyerang. Tapi lebih sering sih passingna ka intersep lawan. Jeung deui driblena mineng pisan karebut, jaba wasitna goblog dalam ambil keputusan. Menit 60 lini tengah Persib pareum.

Nilai positif ti trio ieu adalah penempatan posisi pas keur nyerang geus enakeun. Silih buka ruang, trus sampe setengah jalan maen mah tara maksakeun kirim bola ka sayap. Sok wanieun nekuk bola untuk dikirim lagi ke sisi tengah. Atur tempo dan kesabaran.

Rudet Albert

Dari sisi psikis si Borneo semestinya rada gamang tah, setelah sang entrenador bengal seminggu lalu tiba-tiba mundur dari posisinya sebagai pelatih kepala, dengan serta membawa antek-anteknya. Antik memang aki-aki satu ini. Tua-tua keladi tea, makin tua makin keladi. Entah apa alasannya sehingga wa’i memutuskan angkat baok dari tanah Borneo.

Kakak Bochi jadi starter andalan dalam formasi 4-3-3, dengan si kaka diproyeksikan sebagey inverted winger ala Robben. Tapi pada akhrina digenti sebelum cetak gol sih. Menit 53, Sultan Samma masuk menggantikan Nuriddin Davronov. Ngomongin Sultan Samma, doi adalah salah satu pemain yang cukup konsisten. Karena sekalinya doi berubah, Namanya bukan lagi Sultan Samma, tapi Sultan Beda. ~~~

Borneo bukan tanpa peluang, tercatat minimal dua peluang bagus buat mereka nyekor. Salah satunya ada andil Mang Deden yang kurang pas dalam memposisikan diri. Luiz Pasos, panjat sosial, ngorejat aget melihat Neded yang dibalik menjadi Deden ngajol meraih tiang gawang bagai toser Yuki Ishikawa saat pemaen borneo melesakkan umpan krosing bismillah sing weh akurat. Aksinya tersebut langsung membuat pelatih bandung Tectona jatuh hati dan berencana merekrut Deden saat itu juga.

Teu make lila, Bandung Tectona langsung intervieu user make zoom pas istirahat. “selain huleng dan gorowok, ada lagi ga yang bisa umay lakukan di lapang?”

“Karena kalo mau gorowok hungkul mah nanti kamu better duet sama deden gonjalez yang melantunkan lagu she’s gone. Sakalian nyieun grup duden (duo deden).”

Paur ieu De2n, sudah saatnya sih pertandingan selanjutnya heavy rotation heula ku JKT48. Dek Teja atau Made layak dicoba, lain kunanaon ieu jantung aki abi bisi kumaonam euy, unggal Persib diserang teh jol nyabak dada kabogoh abi. sieun jantung kumat senah.

Pertandingan ieu oge jadi debut marquee player kita. Sudah lama ditunggu-tunggu aksi beliau di atas lapangan hijau akhirnya terwujud juga.

Diawali dengan duel di sisi kanan pertahanan, pemain Borneo memutuskan untuk ngagabredkeun bola ka Supardi karena geus bingung ek kumaha deui. Gabredan yang terlihat pelan tetapi mengenai tuur Bang Pardi. Bang Pardi pun kesakitan dan setelah diperiksa tim medis diputuskan Bang Pardi tidak bisa lanjut bermain.

“Shall we?” tanya Sang Paduka pada Kochrobert.

“yes, my lord” jawab kuch roberts sambil berlutut di hadapan Lord Henhen.

Menit 57, salah satu kandidat kuat peraih best player BRI Liga 1 2021 ini menginjakkan kaki ke lapangan. Hasilnya permainan Persib nya kitu kitu keneh. Angger gagal membobol gawang lawan. Tapi ya bukan salah Hen2 dong! Salah mah tukang celep.

***

Jika ditilik-tilik dari faktor eweuh pergantian pemain jang taktik, bisa aya dua kemungkinan, Robert tidak punya plan cadangan disaat buntu atau tidak ada pemain cadangan yang bisa menjalankan taktik dari Robert. Jika kemungkinan pertama benar, goblog pisan sekelas pelatih Persib teu boga cadangan jang ganti strategi di saat buntu. Jika kemungkinan nomor dua, ieu ge sarua antikna. Jang naon atuh ngontrak pemaen saloba-loba ai teu kaparake. Sok hareran.

“Bah Obet, saya masuk untuk mengganti Bang Pardi dan Bantu Bow lebih nyerang?” Ujar Henhen Grealish.

“hmmmmmm baguuus…” ujar Robert.

“Naon ai Abah ojol bagus, lieur atau kumaha..” tegas Henhen.

“hmmmm…” Robert ngadehem.

“Nyeuri huntu bah?” tanya Henhen bingung saat akan masuk lapang.

“Bagussss…” teriak si Abah sambil mere jempol kepada punggung Lord Henhen.

 

Bagus-bagus kosong enol anying!

 

[Pras, Ajay, Rayhan, Isnain, Ixen / Buschen]

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Yang Lainnya