Bli Made, Terbaik, Legenda.

bincang-bincang header

Pemain lain bisa saja melakukan kesalahan fatal, satu kali. Tetapi kemudian, mereka dapat menebus kesalahan dengan melewati lawan secara brilian, memberi umpan terobosan menggiurkan, atau tendangan voli mematikan. Tapi itu bukan jatahnya. Kerumunan penonton tak akan pernah memaafkan hari buruk si penunggu sarang yang lagi terpuruk. Itulah sepenggal cerita yang dituliskan Eduardo galleano mengenai sorang kiper dalam salah satu esai nya yang berjudul si kiper

****

Saat itu pukul 9 malam, di bawah sorotan lampu Stadion Jakabaring, seorang penjaga gawang tengah mempertaruhkan sebuah gelar juara liga. Ribuan sorot mata bobotoh memandang raut wajah yang teramat tegang, seakan Ia tengah menghadapi suatu penghakiman yang teramat berat. Kiper kelahiran Bali itu berusaha menenangkan dirinya sembari memunggungi lawannya yang tengah bersiap menendang bola. Kedua tanggannya Ia gantunkan di sela-sela jala gawang sembari tak henti-henti mulutnya berkomat-kamit memanjatkan doa agar semua berjalan sesuai dengan harapannya.

Satu, dua, tiga. Tiga langkah lawan mundur, mengambil ancang-ancang, sementara si kiper berusaha fokus memperhatikan bola. Sang Algojo tak mampu menutupi  rasa tegang, hal itu terlihat dari raut wajahnya. Prrriiiit. Sang pengadil meniupkan pluit tanda eksekusi harus segera dilaksanakan. BAM!  Eksekutor itu melepaskan tendangan searah dengan tebakan sang penjaga gawang. Bola gagal melewati garis gawang.

Seketika malam itu juga Made Wirawan menjadi salah satu pahlawan kemenangan Persib atas Persipura Jayapura. Menjadi pahlawan yang membuka puasa gelar selama hampir 20 tahun.  Tak diragukan lagi, Bli Made layak menjadi salah satu dari sedikit saja daftar legenda kiper Persib.

Kiper Juara

Di era Wak Haji, Made mungkin kiper terbaik yang pernah memakai jersey Persib. I Made Wirawan didatangkan pada musim 2013 dari Persiba Balikpapan. Pemain kelahiran Gianyar 1 desember 1981 adalah salah satu pemain andalan kesebelasan Beruang Madu. Selama 5 musim membela Persiba made sudah memainkan 139 pertandingan.

Perjalanan panjangnya sebagai pemain mendapat tantangan baru di usia 30 tahun. Made menerima panggilan untuk membela tim nasional Indonesia yang kala itu dibesut oleh pelatih berkebangsaan Belanda, Wim Rijsbergen. Debutnya bersama timnas dijalani ketika Indonesia berhadapan dengan Arab Saudi dalam laga uji coba yang digelar di Malaysia. Dalam laga persiapan lanjutan kualifikasi piala dunia 2014 itu Bli Made bermain 90 menit penuh. Beberapa kali Ia mampu mementahkan serangan bertubi-tubi Arab Saudi hingga akhirnya bisa menjaga gawangnya tetap perawan alias clean sheet!  Hasil akhir pertandingan itu Indonesia berhasil menahan imbang 0-0 Arab Saudi. Hingga saat ini Made telah memainkan 11 pertandingan bersama Timnas Indonesia.

Sebagai pemain Timnas, nama Made langsung menjadi sangat mencrang di mata Wak Haji untuk menggantikan Jendri Pitoy yang tampil mengecewakan selama musim 2011/2012. Setelah konflik PSSI, akhirnya I Made Wirawan resmi menjadi kiper Persib untuk liga musim 2013.

Sepanjang musim 2013 Made melakoni 25 pertandingan dari total 34 pertandingan yang dimainkan Persib. Made memberi bukti layak menjadi kiper utama Persib dengan berhasil menjaga rekor tingkat kebobolannya dibawah 1 gol per pertandingan (0,92 gol per game) hasil 23 kali kebobolan dari 25 pertandingan. Rekor terbaik yang pernah dicatatkan oleh kiper utama Persib di era ISL sejak Tema Mursadat yang mencatat 30 kali kebobolan dari 29 pertandingan di musim 2008/2009. Selain itu Made juga berhasil menjaga gawang Persib tetap perawan sebanyak 5 kali, tapi Persib hanya bisa finish di posisi 4 klasmen akhir ISL.

Musim 2014 kemudian menjadi musim yang akan selalu Made kenang. Pelatih memberi Made kepercayaan penuh untuk mengawal gawang Persib. Made mengawal gawang Persib sebanyak 27 kali dari total 28 pertandingan Persib. Jumlah kebobolan Made memang meningkat menjadi 29 kali membuat tingkat kebobolannya menjadi 1.07 gol per pertandingan.  Tapi, Made mengalami peningkatan di aspek lainnya. Jumlah clean sheet Made naek menjadi 7 kali. Persentase kemenangan juga meningkat dari 44% di musim 2013 menjadi 62% kemenangan di musim 2014. Setiap Made bermain, 60% kemungkinannya Persib menang. Angka yang lumayan untuk sebuah probabilitas.

Satu hal yang lebih penting dari angka-angka itu adalah keberhasilan Bli Made memblok tendangan penalti Nelson Alom. Aksi yang membuat jutaan bobotoh di seluruh dunia merasakan kembali manisnya gelar juara Liga Indonesia.

Karier Made di Persib memasuki tahun ketiga. Di awali dengan tantangan baru lagi bagi Made, Kompetisi Asia. Bermain 8 kali di semua pertandingan Persib sejak kualifikasi ACL sampai babak 16 besar AFC Cup, Made berhasil membantu Persib meraih 3 menang, 3 imbang, dan 2 kalah. Kebobolan 11 kali dan berhasil meraih 3 clean sheet.

Ketika PSSI dihukum FIFA dan liga berhenti, Made masih setia bersama Persib. Di QNBL sendiri Made belum pernah kebobolan. Sepanjang Piala Presiden Bli Made tampil sebanyak 7 kali. Tidak pernah sekalipun memungut bola dari gawangnya saat penyisihan grup. Sedikit maen hupir di babak 8 besar dan semifinal, Made kembali maen joss di Final. Tidak kebobolan di pertandingan seukuran final sudah merupakan prestasi tersendiri bagi seorang kiper.  Mental juara Bli Made telah teruji.

Untuk semua keberhasilannya, Made sering mengucapkan terima kasih kepada barisan kuartet beknya. Seperti standar kiper Indonesia lainnya Made lemah dalam urusan lompat-melompat dan antisipasi umpan silang. Kemampuan penempatan posisi Made juga dipertanyakan setelah beberapa kali di babak 8 besar dan semi final piala Presiden Made salah mengantisipasi umpan silang dan tendangan jauh lawan, membuat Persib kebobolan terus.

Vladimir Vujovic yang sangat baik dalam urusan koordinasi pertahanan banyak berperan menjaga struktur pertahanan Persib tetap kompak dan kokoh, mempermudah kerja Made. Tanpa Vlado sering kali Made terpapar serangan lawan dengan mudah. Coba diingat-ingat lagi pertandingan 16 besar AFC Cup melawan Kithcee. Jika Vlado saat itu bermain mungkin kita bisa mengalahkan Kithcee sebelum didiskualifikasi.

Hal posistif yang perlu diacungi dari seorang made wirawan adalah kemampuan timing dan ketenangan. Dua atribut tersebut sedikit mampu menutup kekurangan yang Ia miliki selama ini. Made juga selalu berusaha berkomunikasi dengan pemain-pemain yang ada di depannya. Sekedar mengingatkan kawan-kawannya untuk tetap fokus. Menurut pengakuan Achmad Jufrianto di juara.com, dalam satu laga Ia bisa diteriaki hingga 10 kali oleh Made.

“namanya juga kiper, jadi bang made memang sering meneriaki saya tujuannya sekedar mengingatkan. Biasaanya kalau saya salah mengambil posisi, atau terlalunaik kedepan. kalau dikira kira saya bisa sampai 10 kali ditegur bang made dalam satu laga” selorohnya.

Kiper Terbaik?

Made jelas kiper Juara, karena berhasil membawa Persib juara beberapa kali, tapi apakah Made kiper terbaik Persib di era Liga Super? Total selama Bli Made membela Persib dari musim 2013 hingga musim 2014, Ia sudah tampil sebanyak 52 kali di kancah Liga Super Indonesia. Rekor ini adalah yang paling banyak dibandingkan kiper-kiper Persib sebelumnya.

statistik kiper persib

Selama 2 musim bermain untuk Persib di Liga Indonesia, Made berhasil meraih 98 poin (untuk keseragaman data kami tetap menghitung semifinal dan final ISL dengan 3 poin tiap kali menang lawan Arema dan Persipura). Catatan Made tersebut adalah rekor tersendiri. Satu-satu nya kiper yang mendekati 98 poin itu adalah Tema Mursadat di angka 54 poin, hampir setengahnya saja.

Tingkat kebobolan Made adalah 1 gol per pertandingan (52 kebobolan dari 52 pertandingan). Raihan Made tersebut adalah terbaik kedua dibawah Kosin yang mencatatkan 0.88 gol per pertandingan (15 kebobolan dari 17 pertandingan). Paling butut dalam kategori ini adalah Markus Horison dengan catatan 1.52 gol per pertandingan (47 kebobolan dari 31 pertandingan).

Prestasi individu terbaik seorang kiper bisa dilihat dari total clean sheet yang dia raih. Made memimpin daftar kiper terbaik Persib dengan catatan 12 clean sheet, unggul satu dari raihan Tema Mursadat (11 CS). Tingkat game per clean sheet Made adalah 4.33 pertandingan per clean sheet, jauh dibawah rekor milik Sintawechai 2.43 game per clean sheet. Artinya, dari sekitar 4 pertandingan Made hanya ada 1 clean sheet, sedangkan dari sekitar 2 pertandingan Kosin salah satunya gawang Persib bersih tanpa noda.

statistik kiper persib 2

Persentase kemenangan Made adalah 54%, tercecer di urutan keempat dalam daftar. Sintawechai Kosin meraih 59% kemenangan. Tema Mursdat dan Cecep Supriatna 55%. Tiap kali mereka maen, lebih dari setenganya Persib menang. Bandingkan dengan Jendri yang hanya 38% kemenangan dan lebih butut lagi Markus dengan 35% kemenangan.

Luar biasa adalah persentase kekalahan Made yang cukup kecil, 19% kalah tiap maen. Jauh unggul bahkan dari Sintawechai Kosin di angka 24%. Seperempat penampilan Kosin berujung kekalahan sedangkan tidak sampai seperlima pertandingan Made mengalami kekalahan. Paling payah lagi-lagi Markus dengan 48% kekalahan. Bayangkan, hampir setengah tiap kali Markus maen, Persib eleh. Hapeuks.

Di era Super Liga, Bli Made terbukti merupakan kiper terbaik yang pernah mengawal gawang Persib. I Made sudah berhak dimasukan ke dalam daftar kiper legenda menyusul Sobur, Samai, Aries, dan Anwar Sanusi.

Orang-orang mungkin dengan mudah ingat berapa gol yang dicetak Cristian Gonzales atau Sergio Van Dijk untuk Persib. Berapa gol yang dibuat oleh Makan Konate saat membawa Persib Juara. Tapi sering kali orang-orang tidak tahu berapa clean sheet yang dibuat oleh Tema Mursadat, Sintawechai Kosin, atau I MadeWirawan sepanjang karier mereka untuk Persib. Well, begitulah nasib seorang kiper, bahkan dalam penulisan formasi 4 angkapun dirinya tidak diikut sertakan.

Terimakasih Bli Made. Blocking penalti Alom itu akan kami kenang selalu.

Sampai jumpa lagi.

 

@xuk @bus

follow kami di twitter @stdsiliwangi

p.s. jika ada ingpo terbaru soal data-data yang disajikan diatas kami akan dengan senang hati melakukan update revisi.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
×
×

Cart