[editorial HUT] 3 tahun blog kami

stadion siliwangi

Puji syukur dengan segala keuyuhannya blog ini bisa mencapai usia ke 3 pada hari ini.

Stadionsiliwangi.com adalah rumah virtual bagi kami, enam orang penghuninya. Dua di Kircon, dua di Antapani, dua di Awiligar. Dua dari Unpad, dua dari UPI, dua dari Unikom. Well, karena pada dasarnya mengurus blog hanyalah hobi, sampingan dari pekerjaan kami, maka kami akui sering terjadi tulisan kami memang butut. Tidak ada standar kualitas yang pasti dalam setiap karya kami, nu penting mah nulis. Uyuhan sakitu ge daek nulis.

Penulis of the year

Tiga tahun sudah kikieuan, pasang surut tulisan sudah banyak dilalui. Tahun ini jika ada penghargaan penulis terbaik, gelarnya akan diberikan kepada mang Xuk.

Seorang Sarjana Komputer, panceg mendukung Persib dan AS Romlah dari jaman sakola SD. Kayaknya cuma sedikit pada jaman itu ada bocah berumur 10 tahun yang tiap minggu rajin beli tabloid bola. Maca analisis mengbal sejak masih budak olol leho, baru pada masa kuliah Xuk mulai menulis artikel sepakbola.

Taun 2014 pertama kali Xuk bergabung dengan stadionsiliwangi.com, tugas pertamanya cukup pahit, karena kudu nulis laporan pandangan mata pas persib eleh ku semen padang di Jalak. Lalajo langsung ka Jalak, unyang-anying ka wasit, peutingna langsung nulis laporan pandangan mata.

Laporan pandangan mata itu juga adalah artikel pertama yang dibuat oleh Xuk sepanjang hidupnya. Tulisan pertama yang mengandung lebih dari 200 kata. Perkembangan kemampuan menulis Mang Uki ini luar biasa pesat, dari tulisan itu hingga sekarang, Xuk sudah menulis 20+ tulisan. Tulisan profil Djanur sebagai penjaga tradisi Persib itu karya Xuk setelah tapa di Batu Jambrong.

Bobotoh perlu berterimakasih kepada Uki, berkat kerja kerasnya dua poe teu sare, kita jadi tahu berapa jumlah clean sheet dan kebobolan kiper-kiper persib di era Wak Haji.

Di dunia sepakbola endonesia yang data-data stat tidak ada yang menyediakan, neang berapa jumlah clean sheet seorang kiper sungguh hupir. Mencari berapa jumlah gol seorang pemaen di kompetisi resmi mah gampang, aya datana ti jaman divisi utama keneh ge. Mencari berapa clean sheet seorang kiper di Indonesia mah lain hese, tapi eweuh. Kudu ningalian line up Persib tiap pertandingan dari taun 2008 sampai 2014 untuk nyaho siapa kiper yang bertugas kemudian ningali hasil akhirna.

Di hari yang lain dia juga teu sare sapeuting mencari data komposisi kuartet bek djanur. Menelusuri 60+ pertandingan liga Persib. Ada juga merekap pergantian pemaen Djanur, batur mah memperhatikan raray kabogoh, si Xuk memandangi excel dan memperhatikan menit-menit kapan saja Djanur mengganti pemaennya.

Xuk ini adalah seorang regista yang kaku. Kekuatan tulisannya ada pada pengolahan data yang berhasil dikumpulkan. Tulisannya adalah bahan bagi para penulis lain untuk bisa berkreasi membuat hasil akhir. Dia adalah Andrea Pirlo yang memberi umpan jauh akurat berupa data-data dalam excel.

Sedikit tapi Berbobot

Jika Xuk adalah seorang regista, Omz adalah fantasista. Tulisannya mengandung banyak emosi dan sedikit aturan. Tidak ada aturan penulisan dan EYD yang bisa mengekang tulisan Omz. Tulisan aing kumaha aing. Kalau kalian baca komposisi kalimat Omz yang belum diedit, dijamin kalian butuh mesin enigma buat menerjemahkannya. Imajinasi Omz dalam menyusun indo mix sunda sungguh luar biasa, Makan Konate dalam mengolah kata-kata campur baur indo-garut.

Hasil kerja Omz sangatlah penting, tanpa dirinya bisa jadi stadionsiliwangi.com tidak punya ciri khas. Geus mah analisis kami saka (sakainget dan sakahayang) yang penuh dengan kelemahan, kalau sampe gaya bahasana kaku sok iyeh, wassalam. Omz membuat tulisan kami lebih bisa diterima pembaca karena membuat unsur sok tau nya berkurang.

Xuk adalah rising star, Omz adalah old crack loyalist. Salah satu pendiri blog ini. Bulan Desember tahun 2012 tulisan pertama Omz dimuat. Tidak pernah sebelumnya Omz menulis panjang-panjang. Yeah well, tulisan pertama Omz juga cuma 3 paragraf sebanyak 120 kata. Prinsip Omz adalah sedikit tapi berbobot. Anehnya lagi adalah tulisan Omz bagus kalo dibikin sedang tunduh jam 1 peuting, kalo lagi cenghar siang-siang nulis suka cawerang.

Sekarang sudah 30+ laporan pandangan mata yang ikut ditulis oleh Omz. Kalau dulu cuma bisa bikin 120 kata, dengan tata bahasa indo mix sunda yang edan eling, kini Omz sudah bisa bikin tulisan profil pemaen hampir 500 kata dengan tata bahasa yang indo mix sunda dicampur emosi yang tepat. Dalam 3 tahun ini Omz berkembang dengan joss. Seperti Mas Har, Omz berkembang seiring bertambahnya umur.

Blog lain bisa jadi memiliki analisis yang lebih tepat dibandingkan tulisan kami. Kamis sadar hal itu, karenanya kami tidak pernah ngotot merasa pang benerna. kami terbuka terhadap masukan dan diskusi.

Soal data okelah kami daek ngadu karena angka tidak pernah bohong dan ada Xuk yang daek tidak sare demi menyuplai data, tapi soal pengambilan kesimpulan itu hal lain. Ada banyak ruang kesalahan dalam analisis stat dan taktik kami.

Duet Xuk dan Omz adalah tulang punggung blog ini, yang satu memberi data, yang satu lagi memberi kedekatan emosional dengan pembaca. Keduanya membuat blog ini bisa bertahan sampai sekarang.

Penulis yang Sedang dalam Ruang Perawatan

Duet awal Omz sebenarnya adalah Iwn. Salah seorang founder blog juga. Sayangnya kini tugas menghitung duit Restoran Kereta bikin dia semakin jarang menulis. Padahal dulu mereka berdua rajin sekali bikin tulisan pra pertandingan dan laporan pandangan mata. Kalau baca tulisan Iwn dulu, asa maca koran topskor, aipek bener nyontek kalimat-kalimat topskor trus diganti jadi bahas persib. haha.

Keduanya bisa dibilang duet sehati sasazi sam Omz dan Iwn, karena kalau datang email keduanya barengan dan pembahasannya sarua persis. Bedanya kalau Iwn ketopskor-topskoran, kalau Omz sakumaha aing. Rada hupir ngeditna karena eta-eta keneh eusi tulisanna si Iwn jeung si Omz. Semoga di musim keempat ini, Iwn mau kembali meluangkan waktu untuk menulis.

Selain Xuk, Omz, Iwn ada juga penulis baru yang masuk di awal tahun 2015. Code name nya Dit. Tulisannya panjang, sekali nulis bisa sampai 1500 kata. Analisis pertandingannya yang paling meyakinkan dibanding nu lain. Hanjakal, sekarang papuket dengan nyieun RPP dan ngajar, jadinya udah berapa lama absen.

Hiji deui crew anyar adalah seorang penaksir (naksir emas dan naksir awewe). Statusna jomblo masih dalam kategori coba-coba dan magang ngaranna Roi. Belum pernah menulis bola sepanjang hayat padahal umurnya yang paling kolot diantara kami semua. Tulisannya juga gak nyampe 100an kata. Nya kembali lagi kepada prinsip โ€œuyuhan daek nulis sakitu geโ€. Beberapa bulan ini sudah menghilang jarang nulis, ngadminan akun twitter sih masih osok.

Kadang kalau semua orang lagi rajin dan menulis, bakal ada 5 file word; 1000an kata dari Xuk, 400an kata dari Omz+Iwn, 100an kata ti Roi dan 1500an kata dari Dit. Bayangkeun file microsoft word 3000an kata, bahasana indo mix sunda, ditambah data-data angka stat, ditambah analasis sakahayang dan sakainget. Eta kabeh kudu dijieun jadi artikel teu leuwih ti 1200 kata dan rada mantes bahasana dan rada kaharti analisisna. Hehe. ๐Ÿ™‚

Semoga kalian segera kembali duhai penulis-penulis yang hiatus.

Penutup (dek dagang tapi teu jiga atpersib)

Kami ngerjakeun blog ieu teu dibayar dan teu neang bati. Mayar hosting di wordpress.com $18 per tahun, dollar beuki naek wae anyeng teh. Tapi spesial buat ulang tahun blog tanggal 21 desember ayeuna kami dek dagang buku.

Lain sembarangan buku, kumpulan laporan pandangan mata pas persib juara piala presiden di blog ieu. Diedit deui ku editor nyanaan sehingga kaidah bahasana leuwih tepat aturan penulisan hehe.

Lebih spesial karena diberi kata pengantar oleh pundit kesayangan kita semua, coach riphan pradipta. Ayeuna masih dalam tahap pencetakan, Insya Alloh nanti menjelang tahun baru bukunya sudah siap dibeli oleh kalian.

Cover Laporan Pandangan Mata revisi2

Dengan mencetak tulisan di blog jadi buku, buku-buku soal Persib akan bertambah. Sebagai traktiran ulang tahun, kami bakal bagi-bagi buku ieu. Carana masih dipikiran, pantau weh TL @stdsiliwangi. ๐Ÿ™‚

Sampai jumpa lagi. Selamat Ulang Tahun kawan-kawan stadionsiliwangi.com

@bus

follow kami di twitter @stdsiliwangi

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
ร—

Cart