Grafik Hasil Akhir Persib

quick stat sebelum persib maen yeuh..

persib pre isl

persib di jaman sebelum liga super, grafiknya naek turun edan eling, ekstrim pisan. grafik di atas nunjukin posisi persib di akhir babak penyisihan wilayah. selama 13 musim sebelum ISL persib maen 335 kali di babak wilayah. tiap musim jumlah maenna beda-beda tergantung berapa tim sawilayahna.

untuk musim yang mengenal sistem 8 besar, paling banyak tim sewilayahna musim 2007-2008 dengan 18 tim. paling saeutik musim 1998/1999 dengan 8 tim perwilayah. di musim ini juga persib bapuk, cuma 8 tim dan finish di posisi 5. zzzzz

kalau ditarik garis di posisi 4, sebagai batas untuk masuk 8 besar, dalam 13 musim persib cuma bisa 5 kali masuk 8 besar. hamdalahnya, dari 5 kesempatan masuk 8 besar persib bisa sekali juara.

pertama kali persib ngalamin musim kompetisi penuh, persib hampir degradasi. untung ada Um Paez menyelamatkan dari bencana Polandia.

Bagaimana di ISL? 

persib isl

Grafik ISL di atas menunjukkan posisi akhir persib, bukan hasil akhir klasmen babak penyisihan, kusabab cuma sekali hungkul ISL mengenal babak 8 besar. Setelah selalu mengalami penurunan prestasi, titik balik persib ada di musim 2013.

Lain kali mari dilihat ada momen apa aja di musim 2013 itu. yang pasti sih 2013 adalah tahun penunjukkan Djanur untuk melatih persib. 

tantangan Djanur saat ini adalah membawa persib juara pada musim dengan sistem kompetisi penuh. buktikan persib memang punya konsistensi untuk selalu bermain top di lebih dari 30 pertandingan. soal mental juara ketika sistem knock out sih rasanya persib emang jago.

Kemon Mang Djanur!

@bus

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp