he scored, when he want. Goalibally! he scored, when he want

Goodbye sergio

Goodbye sergio

Djanur akhirnya bisa menebus utang 3 poin yang hilang saat maen kandang melawan semen padang di game sebelumnya. Tidak ada yang istimewa dari kemenangan ini, meskipun maennya jauh dari bandung. Djanur menurunkan starter yang wajar tanpa pengecualian. Tantan mengisi sisi kiri karena Ferdi dihukum pssi.

Goalibaly

Dua gol dari Djibril seakan menegaskan bahwa dirinya sudah sangat siap untuk menggantikan Sergio di hati bobotoh. Dua gol yang ‘striker banget’ kepada mantan timnya. Lain dengan Ferdi yang kesulitan saat melawan mantan, Djibril justru sangat trengginas. Begitulah seharusnya jika ketemu mantan mblo, lupakan semua kenangan manis, beri mereka alasan untuk menyesal!

Gol pertama memperlihatkan skill kelas tinggi dari Djibril. Step over menghindari dua bek, langsung shoot keras dari jarak 25 meter, kencang, bertenaga, akurat. Di gol berikutnya, insting finisher dan pergerakan off the ball yang dipamerkan oleh Djibril. Bagaimana cara dia memotong crossing dari Pardi di tiang dekat, sangat jauh diatas intelegensia bek-bek barito. High class striker.

Performa Djibril ini membuat kami penasaran, bagaimana mungkin di awal musim WHK bias dengan gampang memberi titah untuk mencoret dia dari skuad. Walau sempat galau, beruntung Djanur masih bisa memberi pembenaran kepada WHK agar Djibril dipertahankan. Apa jadinya kalau kemaren Djibril beneran dipecat, suram persib, suraaam.

 

Scout Djanur

Dalam kasus Djibril inilah kami melihat atribut utama dari Djanur sebagai seorang pelatih. Mang Djanur bisa jadi bapuk dalam soal taktik dan strategi, namun urusan mengendus kemampuan seorang pemaen, Djanur kami katakan, JAGO! Yang terjadi selama ini adalah, beberapa keputusan Djanur mengenai perekrutan pemain diveto oleh WHK. Mungkin, Djanur memang lebih tepat untuk dijadikan asisten pelatih, atau ketua tim scouting, atau bahkan kepala akademi persib. Dengan kemampuannya saat ini, Djanur belum cukup skill untuk menangani tim utama persib di liga yang kompetitif.

Di game kemarin Djanur membuat keputusan yang mengejutkan kami, ketika mengganti Djibril dengan Taufiq. Setelah sebelumnya Atep masuk menggantikan Tantan. Sejak awal kami mencium keputusan ini jelas untuk mengamankan kemenangan. Dengan margin 2-0 Djanur seakan memberi kode bahwa dia masih bisa memberi dispensasi seandainya Persib kebobolan 1, asal jangan sampe kebobolan 2. Tim dengan full defend akhirnya dia terapkan.

Meski begitu, terlihat kentara pula bahwa Djanur masih ingin menambah gol. Kami menerka bahwa rencananya mungkin Djanur ingin menggeber skema memaksimalkan false nine pada diri Utina, Atep, dan Ridwan secara bergantian. Namun, apa daya entah pemain yang tiada mengerti atau taktik Djanur yang masih terlalu mentah. Hasilnya justru 10 pemain persib bersiaga di depan Sahar. Pergerakan Utina, Atep atau Ridwan tiada yang berbahaya.

Pergantian Utina oleh Abdulrahman justru lebih masuk akal bagi kami. Sisa 5 menit terakhir Djanur memperkokoh lini gelandang bertahan dengan memakai trio Konate-Hariono-Jupe. Bahkan tim sekelas Arema pun kami rasa bakal sangat sangat kesulitan menembus trio ini lewat tengah.

 

Shahar Gahar!

Beberapa catatan lain dari Game ini adalah soal Shahar yang berhasil cleansheet di 90 menit pertamanya di musim ini. Beberapa penyelamatan gemilang di babak pertama terlihat jelas memompa rasa pecaya diri Shahar untuk tampil on fire sepanjang pertandingan. Pun keputusan anulir gol juga berpengaruh. Bahkan ketika dia kebobolan, masi ada pengampunan dari wasit.

Wasit juga bermain baik. Terlihat bisa mengadili dengan seimbang. Kami melihat bagaimana pelatih Barito frustasi dengan wasit model begini, sampai-sampai keluar makian wasit anjing. Situ pelatih atau supporter om? Mungkin, wasit-wasit endonesia mulai merasa was-was dan khawatir ketika pertandingannya disiarkan oleh tipi. Setiap keputusan aneh akan menjadi sorotan, dan bukan tak mungkin menyusul wasit persipura lawan persiba yang akhirnya dipecat PSSI.

Akhirul kata, selamat menikmati kemenangan ini Bobotoh! Persib akan berlibur panjang setelah ini.

#PERSIB #PSSICavruk #tcn10

@bus @omz @xuk @luf

Leave a Reply

Your email address will not be published.