Kami Tetap Melawan

Sebisa kalian bermain curang
Sejauh kalian buat kami meradang
Kami tak akan pernah lelah menantang
Walau kalian tertawa hari ini
Namun Maung tak akan pernah lari
Demi Maung mengaum di penghujung liga nanti

Kurang Asin? Uyahan! Kurang Alus? Uyuhan!

Boa Edwin euy, eh kela Edwin mah asa salah sahiji ngaran DisKom euy, jadi hoream nulisna. Ganti weh jadi boa Erwin, eh Erwin mah calon papi mitoha kami euy, Erwin Gutawa. Boa Hermin wehnya meh adil.

Boa Hermin atuh, berkat akal-akalan sanksi DisKom kita semua menyaksikan Maung Bandung tampil saaya-aya. Skuad lapis legit katilu. Kakak Kembar, King Eje, dan Bojan Brewok kena sanksi. Goblog emang diskom komdis. Ti saloba-loba kejadian papuket pas lawan perjisa, nu disasar dibere sanksi kudu trio ganteng ieu dong. Asep Edwin pas orok tara dibedong.

Trio asing disanksi karena apal dua pemain udah otomatis bakal kena akumulasi kartu. Duet cemprenik di sayap kiri Persib, Gozo dan Ardi oge absen. Dado dan Bow dipanggil Timnas, asa kudu ih manggil Dado, biasana ge tara. Edan teu? Tujuh pemain anu sok aya di starting XI kudu absen lawan Madura. Boa Hermin ngan nyesa Deden, Victor Igboneo, Bang Pardi dan Grade A Oh In Kyun di 11 pemain inti lawan Madura.

Ner bener kieu-kieu teuing rek menggembosi teh. Kamari ge jam 1 peuting ban motor bocor di belokan Jalan Lombok arah ti arah jalan Sunda pedah paku. Curiga eta komdis oge euy nu nyebar paku, da di motor kami aya stiker saudara kembar bauman. Sampe kembaranna ge diarah sama Asep Edward Forrer mah.

Kami pusing apalagi abah Gomez atuh. Kudu muter otak pisan saha pemain anu cocok jang mengisi 7 pemain inti nu absen. Akhirna abah memilih Sabil sebagai bek tengah karena eweuh deui, da maenya dek maenkeun Aang atau Hermawan mah. Toncip mengisi pos Ardi, Mas Har mengganti Dado, Puja ganti Gojali, Lord Atep ganti Bow, DAN DI LINI DEPAN AKHIRNYA MELIHAT DUET Muchlis Hadi Ning serta RONGGO SUCIPTO. Suka terharu aku tuh liat A Ronggo maen teh. Kami dari semalam langsung berdoa karena sudah punya pirasat A Ronggo akan main dan berharap beliau main bagus, tapi nyatanya.

Teu Honcewang Aa Ronggo

Memasuki lapang Batakan dengan pesimis tinggi, mengharapkan duet Aa Ronggo dan Muklis Hadi Ning. Sok bayangin ku umay, dua penyerang kita ini adalah pilihan keempat dan kelima Gomez, dititah maen lawan bek kandel baok jiga Fabiano. Nya utah atuh. Aa Ronggo akhrinya tepar duluan, lupa belum minum tolak angin campur air anget seperempat gelas akhirnya bikin Ronggo sagala karasa. Dimulai migren, kaligata, turuwisen, jeungjeuriheun, ah pokokna mah sagala karasa bikin panon jadi poek.

Puncak permainan Ronggo Suling Sakti jol di menit 27. Eweuh hujan, eweuh angin, eweuh dor dar gelap tiba-tiba saja striker senior kita ngagajleng hendak menghalau bola. Namun apa daya sudah ngajleng duluan, bola teu beunang, timing ngajleng meleset dan bola akhirnya menyentuh tangannya. Aa kira tadi itu suling sakti, hanas mau diambil da pengen atraksi. Eh pas mendekat ternyatat itu bola. Aa, aa.

So sad, Persib dihukum penalti guuys, penalti kusabab A Ronggo hand ball. A Ronggo emang geus beak sih, timing ngajleng wae geus salah terus eta dalam posisi bebas eweuh tekanan ti lawan bisa-bisana hand ball. Sad. Tetap kuat A Ronggo, walau badai komentar netizen pasti sedang menghiasi hari-harimu.

10 menit terakhir Aa makin ripuh. Kalikiben komplikasi encok hasil ngagajleng menyambut umpan Mas Har jadi hal terakhir yang dirasakan Aa sebelum wasit niup piriwit babak pertama beak. Aa nyerah, mau petik mangga dulu sambil pijit biar badan kembali segar.

Bermain Seperti Bulu Koab Punaryo, Kusut!

Karasa atuh bedana engga ada Bauman sama Eze mah. Eta paling karasa leungit pisan. Tidak ada lagi pressing sejak daerah pertahanan lawan. Ronggo sama Muklis lebih banyak lulumpatan ngudag bola daerah nu teu kaharti arahna. Gomez ge sadar diri sih dengan dua penyerang yang dimaeninnya saat ini, skema yang biasa dilakuin moal bisa diaplikasikan ayeuna. Piraku mau nyuruh Aa Ronggo menekan ruang antara lini Madura? Baru dipolootan Asber aja kanjut yang tadinya jeceng langsung murungkut manuk piit.

Madura sebenerna teu maen alus, 15 menit awal Madura ge hese nembus petahanan Persib. Serangan Madura masih bisa diantisipasi dan Persib dengan skuad seadanya oge bisa keneh untuk menyerang. Namun memasuki menit 20, Madura semakin enjoy mainnya dan mulai pegang wani pegang kendali permainan dan pemaen Persib mulai hah heh hoh jadi bingung kudu kumaha nyerang, eweuh operaneun di lini depan. Paling karasa ieu sih, EWEUH OPERANEUN DI LINI DEPAN.

Usai ketinggalan 1 gul, Persib justru semakin Gurung grusuh dan tetep teu bisa nyerang seperti biasa. Ketidak hadiran 7 pemain pilar ngaruh pisan sa pisan-pisannya sih. Mun ngabayangkeun ieu the sakolebat terbayang ungat Pes-ap Edwin dan Pupun, jadi jol emosi hayang nembak Shaloom Razade.

Grade A pada pertandingan ieu pareum pisan euy. Biasana tiluan jadi segitiga mas kosambi di depan buat merebut bola secepat-cepatnya. Inkyun bingung maen di mana, terlalu jero euy pas babak kahiji posisina, teu sieun hese nyabut kitu? Mas Har malahan yang banyak umpan-umpan ke lini depan. Alus sih dwifungsi Mas Hari ieu, jigana ieu yang pas awal-awal maen terlihat diharewosan ku Bah Gomez kan Mas Har, itung-itung diajar sok lah.

Baru pas babak kadua Ronggo yang udah pabeulit suku, diganti sama Aa Eka yang kemudian maen di belakang sama Mas Har. Inkyun grade A jadi rada ka hareup, mengisi posisi yang biasa diisi sama Aa Bauman. Well, dengan pergantian ieu kaciri sih aya perubahan. Bola di sepertiga pertahanan Madura jadi aya nu ngapress. Fabiano jeung Guntur jadi loba mere longball ka hareup, eta ge karena geus asup si Milad nu posturna bisa jadi tembok duel keur jeung Sabil. Rada efektif sih ieu dan bener weh membuahkan hasil walau ti situasi bola mati yang mampu dimanfaatkan oleh sundulan Muchlis.

Namun da emang geus digembosi mah kumaha deui, memainkan beberapa pemain yang minim pengalaman di liga, gawang Persib akhirna kembali jebol melalui serangan geber Madura. Kuheran di babak kadua eta Greg bisa bebas wae ngolah bola di sayap kanan Persib. Mungkin Bah Gom udah lieur teuing lalajo permainan Aa Ronggo di babak pertama sehingga luput mengantispasi lubang di kanan itu.

***

Madura maen da sarua bututna jeung persib, 11-12 jeung permaenan Persib. Ngan beda di jumlah gol hungkul. Dengan skuat uyuhan ini sih, Persib geus maksimal pisan, bahkan Pep Guardiola ge mun dibere Aa Ronggo di depan dan Sabil di belakang mah atuh da bakal eleh oge ku Liverpul.

Tapi Gomez ieu pinter, bisa ganti formasi dan permaenan di babak kadua, cukup menganalisa di babak pertama apa yang salah kemudian diperbaiki di babak kadua. Maap atuh pernah ngelatih Ronaldo asli  :))

Usai laga, kami langsung merasa karunya ka Persib. Kieu-kieu teuing DisKom ka Maung Aing. Mere sanksi jail anu kentara pisan aya kepentingan sesuatu dibalikna. Tapi kami tetap optimis dan selalu ada di belakangmu Persib Bandung. Walau sanksi aneh sedang menjeratmu semoga banding mu terhadap sanksi ini tak berujung sanksi tambahan nu araneh. Jika emang sanksina ditambahan, geus weh urang mah mending piknik ka Raja Ampat.

Salam, [fah, jay/ bus]