Kandang Maung

bincang-bincang header

Kali terakhir Persib bermain pada ajang resmi di Stadion Siliwangi adalah pada tanggal 25 Mei 2013 dalam ajang Liga Super Indonesia. Sayangnya saat itu titel kesebelasan tuan rumah dipegang oleh Persita Tangerang. Laga kandang terakhir Persib di Stadion Siliwangi terjadi sebulan sebelumnya, tanggal 7 April 2013 pada pertandingan melawan Persiba Balikpapan.

Dari kedua pertandigan terakhir di Stadion Siliwangi itu, Persib meraih 1 kemenangan dan 1 hasil imbang. Skor 1-0 melawan Persiba dan sama kuat 2-2 saat melawan Persita. Teu kabayang ternyata pertandingan lawan Persita itu bakal menjadi pertandingan terakhir Persib di Siliwangi. Mulai musim 2014, PT Liga mencoret Stadion Siliwangi dari daftar stadion layak pakai untuk Liga Indonesia.

Pertandigan pertama persib di Stadion Siliwangi untuk ajang ISL adalah pada tanggal 13 Juli 2008, menang 5-2 melawan Persela Lazio Lamongan. Di Si Jalak Harupat, laga pertama Persib di ISL saat melawan Sriwijaya FC kaping 17 April 2009, dengan skor akhir 3-2 untuk Persib. Saat melawan PSIS Semarang dengan skor 3-1 tanggal 22 September 2008.

Di era ISL, laga resmi pertama Persib di SJH terjadi beberapa bulan sebelumnya, saat melawan Persires Rengat di babak 24 besar Piala Indonesia 2008-2009, tanggal 14 Januari 2009, menang 2-0.

Pertandingan resmi pertama Persib di Si Jalak Harupat jatuh 2 tahun sebelumnya, pada tanggal 1 Desember 2007 dalam lanjutan Kompetisi Divisi Utama Liga Indonesia Wilayah Barat. Teu kagok, Persib kalah di pertandingan resmi pertama mereka di SJH. Persitara membugkam Maung Bandung 0-1.

Sulit menelusuri kapan Persib memainkan pertandingan Resmi mereka di Stadion Siliwangi. Well, Untuk lebih fair dalam perbandingan Siliwangi dan Si Jalak Harupat, kami membatasi stat hanya untuk pertandingan kompetisi liga resmi di kedua stadion tersebut, dan karena datana oge hampir poeks, parameternya dipersempit lagi hanya pada jaman Liga Super Indonesia. Biar seperti kata orang singaparna, apple to apple comparation.

stadion3

Kandang Maung!

Total sejak 2008 ISL dimulai Persib memainkan 39 pertandingan liga di Siliwangi dan 68 pertandingan di SJH. Kandang Persib, mau itu Siliwangi ataupun SJH, bisa disebut angker. Persib cuma kehilangan 68 poin dari total 321 poin maksimal yang bisa diraih dari pertandingan di Bandung selama 6 tahun mengarungi Liga Super. Hanya 28 poin (10.26%) hilang dari Siliwangi dan 40 poin (8.82%) hilang dari SJH. Edan kan?

Persipura, Perjisa, Pelita. Trio eta nu paling hobi mencuri poin dari kandang Persib. Persipura masih kahartilah, kita memang hese meunang lawan kesebelasan Papua eta mah. Lawan Perjisa jeung Pelita (yang sejak ISL loba piknik di kota-kota sa Jawa Barat) faktor emosi sering mempengaruhi hasil akhir.

Dari kacamata hasil akhir, Siliwangi dan Si Jalak Harupat sabelas dua belas. Poin per pertandingan Siliwangi 2.28 teu beda jauh ti 2.41 sumbangan SJH. Gol per pertandingan 2.13 Siliwangi, 2.26 SJH. Paling joss adalah kebobolan per pertandingan Siliwangi dan SJH yang tidak mencapai 1 (0.90 siliwangi dan 0.84 SJH).

Rata-rata tamu yang datang kita bobol 2 gol, dan hampir-hampiran teu bisa ngabobol gawang Persib. Eweuh caritana Persib eleh di kandang dengan selisih lebih dari sa gul. Sedangkan kemenangan terbesar Persib di kandang pas ngabantai Deltras 6-1 di SJH tahun 2009, hetrik Mang Gonjales. Siliwangi teu eleh, kemenangan terbesar di Jalan Lombok basa ngagulung Mitra Kukar 5-0 tahun 2012.

Secara total Persib nyetak 237 gol di kandang (83 Siliwangi, 154 SJH) dan kabobolan 92 kali (35 di Siliwangi, 57 di SJH). Kapan-kapan kita update siapa pemaen paling rajin ngagolkeun di Siliwangi dan di SJH. Berapa clean sheet di masing-masing stadion. Bahkan mun aya waktu bisa diteang oge siapa pemaen paling sering maen di kedua stadion itu. Ayeuna biarkan menjadi misteri heula (padahal mah hoream neanganna, papuket jeung pagawean. haha.)

Rumah

Si Jalak Harupat memang lebih sering digunakan Persib dalam 6 tahun terakhir ini. Pun SJH lebih bagus dalam segi infrastruktur dan secara statisik sedikit diatas Siliwangi, tapi angger hate mah moal bisa pindah ti Siliwangi.

Bobotoh 90an dan bobotoh kolot tumbuh besar lalajo Persib di Siliwangi. Dek Persib elehan wae atau meunangan terus, Siliwangi mah can pernah sepi. Bahkan pernah di tahun 2012, Persib ujicoba jeung PSAD yang notabene kesebelasan amatir, eta Siliwangi pinuh! Siliwangi bagai sebuah altar pembaptisan bagi seorang bobotoh. Mun acan lalajo Persib di Siliwangi, belum paripurna seorang bobotoh.

Well, Siliwangi pada akhirnya hanya bakal menjadi monumen sejarah Persib dan Bobotoh. Jika tidak ada niat memperbaiki agar memiliki kualitas minimal untuk Liga, impian meraih juara se-endonesia di Siliwangi tidak akan terwujud. Hati ini terus berharap agar bisa kembali menyaksikan Persib maen di Siliwangi. Kajeun dek lawan PS Tunas Cibisoro ge, asal maen di Siliwangi Bobotoh pasti daratang.

Tantangan berikutnya jatuh kepada Stadion Gelora Rosada Bandung Lautan Api. Bisakah GBLA meraih hati bobotoh? Sesuatu yang gagal dilakukan oleh Si Jalak Harupat. Mungkin karena pada dasarnya Si Jalak itu geus aya nu boga saacan dianeksasi Persib. Dek kumaha-kumaha ge alesanna, Si Jalak itu stadionnya Persikab Dalem Bandung.

Jadi kumaha GBLA? 😉

Sampai jumpa lagi.

@bus @omz

ingpograpik @win

follow kami di twitter @stdsiliwangi

p.s update 12.02.16 info mengenai pertandingan pertama Persib di SJH pada kompetisi ISL. nuhun kepada yang memberi komentar revisi. 🙂

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
×
×

Cart