Kosong Nol

Untuk pertama kali di bawah komando langsung Bah Gomez, Persib bermain butut dan teu sedap dilalajoan. Maen kebingungan dan loba pikiran seperti belum gajian tapi tagihan KPR udah pucunghul, jaba meteran listrik sora tut tut tut jiga bom waktu wae. Hasilnya Persib menampilkan kegigihan meraih kemenangan seperti biasanya di Derbi Tanuri ini.

Tanpamu Oh Inkyun

Oh Inkyun tidak boleh maen sama PSSI, jadinya dibadalan sama Mas Hariono. Itu satu-satunya perubahan dalam starting XI abah, sisanya sama seperti lawan Persipura dan PSM. Sayang, komposisi pemaen yang mayoritas sama tidak sejalan dengan permaenan yang serupa juga.

Kamu tahu azab pemberi friendzone? jiga kieu lah rasana. Saat ada tidak spesial, saat hilang baru terasa. Kehilangan Inkyun sangat terasa, tanpanya lini tengah jadi hampa. Persib kehilangan opsi tambahan dari pemain yang suka membuka ruang di bagian depan. Juga yang bisa lulumpatan naek turun. Tapi nu paling ngefek sih hilangnya pressing menggunakan 3 pemain, hal ini bikin skema Opa Gomez yang biasa tidak berjalan.

Dado yang diplot mengganti peran Inkyun tidak berhasil menerapkan apa yang dimau Gomez. Dado selalu ketutupan posisina ku pemaen Bali nu pressing-na rapet pisan. Dado cuma menta bola ke posisinya Mas Har pun di-press sama Lilipaly, Dado udah agak maju ke depan ada bos Opik sama Fadil Sausu. Dado tidak bisa melepaskan diri eta udah jadi sinyal awal moal aya bola enakeun ke Eze jeung Bauman.

Tidak jelas siapa yang sebenernya bertugas untuk menggantikan peran Inkyun membantu Bauman dan Eze melakukan pressing ke barisan pertahanan Bali. Mas Har terlalu lambat, Dado terlalu statis di belakang. Jadinya Bali hampir selalu punya ruang dan waktu untuk menyusun serangan. Untung weh Fadil Sausu operanna sok kamana wae dan Krotik loba mawa teu puguh.

Pergerakan Mas Har dan Dado sering membuat jarak yang cukup lebar di belakang Eze dan Bauman. Matakan tadi malem Igbo dan Mali jiga nu asa-asa wae mau umpan jauh teh. Sering ooperan dulu bertiga dengan Deden sebelum bola ditajong. Berusaha memancing pemaen Bali lebih maju. Karena mun langsung dikahareupkeun kepada Eze, second ball na bakalan ripuh. Mun biasana aya In Kyun membantu Bauman dan dua sayap buat ngejar second ball, ieu mah eweuh. Menendang bola jauh sembarangan ke Eze cuma bakal ngasih Bali bola deui jang nyerang.

Asli bener ieu mah kudu lebih banyak bersyukur boga pemain grade A teh euy:)

Bali oge berhasil meminimalisir serangan Persib dari sayap. Bow cukup dihentikan ku Ricky Fajrin seorang. Khatam pisan Ricky kanu pergerakan Bow nu kitu-kitu wae. Dijieun teu bisa lumpat atuh Bow. Selain Bow, Gojali saruana teu dibere balik badan ku Made Andhika. Sama jiga Ricky, Andhika oge bisa nyieun Gojali teu walakaya sambil live tiktok. Kumaha teu kabita atuh Gojali mun geus dideketan ku Andhika langsung aya bunyi “tew, tetew…tetew” seketika itu konsentrasi Gojali ilang jadi hayang miluan.

Tanpa In Kyun, dua sayap ka konci, eweuh deui saluran serangan. Nuhun.

Tidak ada perubahan berarti saat Dado keluar diganti sama A Eka. Umpan-umpan panjang lezat A Eka bahkan baru keliatan pas 5 menit mau abis. Sisanya mah moe korong aja di lapang menunggu imsak. Sayang, Gomez pada pertandingan ini kurang bisa merespon taktik pressing ketat WCP, bahkan saat eleh jumlah 1 pemaen pun Bali masih bisa nga-press di depan lewat Lilipaly, pas bola dikasih ke tengah pun Lilipaly ikut turun ke posisi aslinya biar serangan Persib mandet. Tidak ada perubahan secara permaenan dari Persib. Padahal Bali ieu kondisina keur pincang, kehilangan Spaso, Bachdim, Yabes Roni, Prince Yandi belom dipaenin, Dias Angga jadi cadangan.

Bos Opik Mamprang

Pemain Bali paling mamprang tadi malem mah Bos Opik. Selalu berhasil membendung serangan Persib dari poros tengah. Bauman berapa kali kandas di kaki Obos, Mas Har dan Dado juga ripuh untuk bisa mengoper melewati Bos Opik. Begitulah kalau move on udah berhasil.

Edan atuh tenagana Bos Opik bisa kuat nagenan pemaen Persib nu coba memasuki wilayahna. Teu hanya wilayahna, backup si Obos juga mencapai pos nu ditinggal ku Ricky oge. Bauman teu bisa leluasa gerak kesana kesini mencari Eze, jangankan neangan Eze, ditengan ku baladna ge hesye. Jadina loba bola jauh ti bek nu diarahkeun ka lini serang, hasilna nya teu efektif karena gampang ditanggulangi.

Saat menyerang juga Bos Opik lebih akurat dibandingkan Fadil Sausu. Fadil mah loba teuing ‘niatnya bagus bung!’ tapi bolana mun teu tarik teuing nya kamana wae. Sedangkan Bos Opik lebih efektif karena pintar mencari Krotick dan Nyoman Sukarja. Distribusi bolana lebih enakeun. Teu loba teuing bola gaib menusuk pertahanan Persib berikut teu kaudag tea ku baladna.

Man of the match tadi malem sih. Bos Opik yang enjoy banget menahan serbuan pemain Persib.

King Eze Goblog

Eweuh konci lini tengah, si empuna lini depan oge dijieun kakurung. Eze terus dibuntutan ku Ahn, ditagih janji rek muka usaha es kepal L-men bareng. Tapi Eze teu tulus wae mere modal, Ahn geus nyediakeun tempat nu strategis. Didagoan nepi lebaran ceunah, mun teu jadi deui wae Ahn rek ngajak Papah Nil wae buat bisnis bareng ini. Tapi, katanya Papah Nil sedikit enggan diajak bisnis ku si Ahn. Nu sudah-sudah ge aya modus terselubung, hayang nyicipan budakna hungkul. Goblog kamu, Ahn. Mau nikung kami?

Semakin waktu berlalu Eze semakin frustasi. Dari sedikit peluang yang tercipta, Eze membuang 3 peluang emas. Goblog pisan sih ieu! Memang hal wajar sih, hujan ge aya raatna. Sialna kejadian Eze membuang-buang peluang justru di saat benar-benar dibutuhkan. Ketika Persib kesulitan betul menciptakan peluang itu.

Hal lain yang bikin Eze semakin digoblog-goblog karena perilakunya di pertandingan tersebut. Keputusan-keputusan teu kaharti diambil oleh King Eze. Kan jadi makin gemes bobotoh dibuatnya.

Emang umay topskor, Ze tapi ulah ngarasa pang jagona saendonesia oge mereun. Abong topskor jadi bebas mawa bola gutak gitek kamana-mana sorangan? Lamun eta siki kanjut umay sih sok wae dibabawa kamana ge.  Peluang terakhir nu paling goblog, ada Agung (teuing Ronggo) di kiri yang kosong, Bauman oge di kanan bebas. Atau coba umay tajong eta bola da geus eweuh nu ngajaga deui. Rek naon didribel terus? Rek jiga duo serigala? Medioker pisan hayang ditoel saeutik meh labuh terus wasit niup piriwit biar terjadi penalti.

Sudah terjadi pada beberapa pertandingan kamari lamun egois pisan ieu pemaen. Egois emang perlu, tapi ningali sikon oge. Sakirana aya balad nu posisina lewih ngeunah mah oper weh. Liat Bauman pada peluang pas tajongan umay beunang kusen, manehna teu egois najong langsung walaupun peluang golna gede oge.

Nyakitu weh atuh King Ez, ulah bendu ka kami. Ngarana oge budak leutik atuh kami mah, mimpi basah ge acan. Hatur nuhun.

 

Salam, [Fah/Bus]