PRUNG!

selatan stadion siliwangi

Di tengah ketidakjelasan kick off liga super indonesia 2015 persib bandung tetap bersiap untuk menjamu semen padang. Menurut rilis PT Liga, kick off akan dilangsukan pada hari sabtu (4/4) pukul 15:30 wib.

Musim lalu persib gagal meraih satu poin pun dari semen padang. Dua kali pertemuan, persib dipecundangi semen padang dengan skor 1-2 di jalak harupat  dan 3-1 ketika bertandang ke stadion H agus salim padang.

Lebih jauh lagi, dari 5 perjumpaan terakhir Maung Bandung kontra Kabau Sirah, aura positif lebih kental menyelimuti kesebelasan dari padang. Karena dari 5 kali bertanding Persib belum pernah sekalipun menuai kemenangan.

Semen padang

Dalam persiapannya mengarungi liga super, pasukan asuhan nil maizar ini telah melakukan serangkaian uji coba dengan mengikuti 2 gelaran turnamen pramusim. Pertama ketika mengikuti piala walikota padang, yang juga diikuti persib bandung,  eka ramdani cs main 3 kali dengan hasil 1 kali menang dan 2 kali kalah.

Sementara ketika  mengikuti scm cup, semen padang tidak pernah meraih kemenangan. Kesebelasan kabau sirah harus mengakui keunggulan persebaya, sriwijaya dan persija.

Terlihat setelah hengkangnya striker asing Osas Saha, semen padang kesulitan menjebol gawang lawan. Airlangga Sucipto dan Nur Iskandar yang sering diplot sebagai striker tidak mampu berbuat banyak, walhasil dalam 2 turnamen pramusim yang mereka ikuti, semen padang hanya mampu mengemas 5 gol.

Rentetan hasil butut itu membuat Jafri Sastra dipecat semen padang. Nil Maizar ditunjuk untuk menggantikannya.

Seputar strategi dan taktikal Nil Maizar

Sulit untuk menilai kejeniusan taktik Nil di semen padang kala menjuarai IPL. mengingat kompetisi IPL yang tidak seketat ISL. Komposisi skuat padang saat itu sangat mentereng dibanding kesebelasan lainnya, memiliki jaminan mutu untuk juara.

Early warning bagi Djanur bisa dilihat dari rekor semen padang di AFC Cup 2013. Nil membawa semen padang memuncaki klasmen penyisihan grup. Meraih 16 poin dari 5 kali menang dan sekali imbang. Mengungguli Kitchee, Churchill Brothers dan Wariors. Langkah Nil bersama semen padang terhenti di babak 8 besar oleh East Bengal.

Salah satu pedoman menilai taktik Nil juga bisa dilihat pada laga formalitas pembukaan Liga Indonesia 2011 kontra Persib di Jalak Harupat. Semen padang berhasil menahan imbang Persib. Bahkan Persib sempat tertinggal oleh semen padang sebelum disamakan melalui titik putih oleh Radovic. Kabau Sirah terlihat menerapkan pola menyerang dengan pressing ketat terhadap pemain Persib.

Coach Nil memang terkesan hobi menerapkan strategi menyerang. Saat laga timnas lawan Singapura yang berkesudahan 1-0 untuk kemenangan Timnas, Nil menerapkan permainan menyerang berpusat pada kecepatan Andik di sayap. Walaupun pada saat itu timnas bermain dengan stok pemain seadanya, Nil mengandalkan pengalaman Bepe yang sedang nir klub dan kekuatan duet Maitimo-Taufiq di lini tengah. Kombinasi kecepatan dan kekuatan mendefinisikan pola permainan dari Nil Maizar.

Kala menangani Timnas, Nil lebih senang merotasi starternya dibandingkan mempertahankan the winning team. Kesebelasan asuhanya senang memberikan kejutan bagi tim lawan. Seperti yang pernah dia lakukan saat mengalami kekalahan melawan Malaysia di AFF 2012,  Nil tidak menurunkan skuad utama timnas saat menang lawan Singapura. Sesudah laga itu, Nil mendapat komentar dari pelatih “legendaris” timnas Indonesia, Benny Dollo.

Berikut baceo bendol saat itu

 “Nil seharusnya berpegang pada prinsip never change the winning team. Kita bisa melemparkan psywar sepakbola berupa tekanan psikis dengan materi pemain yang sama saat lawan Singapura. Tapi, ini lawan Malaysia kita pakai tim berbeda. Seperti Andik dicadangkan, ini tentu memberikan motivasi buat lawan.”

Persib

Persib memiliki keuntungan sudah bertanding di level kompetisi asia, fisik atau mental sudah lebih dulu teruji. Persib Bandung telah memainkan 4 pertandingan resmi. Dari 4 laga yang sudah dijalani, Persib mendapat 2 kali kemenangan, 1 kali imbang dan 1 kali kalah.

Pada pertandingan nanti Djanur sepertinya akan memainkan pola yang sama dengan pertandingan-pertandingan sebelumnya. Formasi 4-2-3-1 akan menjadi andalan mang Djanur.

Kuartet bek Persib  akan mengalami sedikit perubahan karena menurut kabar burung Om Pardi akan absen untuk menamani istrinya yang sedang sakit di Pekanbaru. Bek kanan yang ditinggalkan supardi akan diisi oleh dias angga, melengkapi duet  Vlado-Jupe dan Toncip di kiri.

Poros ganda gelandang bertahan akan disi oleh Dado dan Mas har. Makan konate akan menjadi jendral lapangan tengah sebagai pusat permainan persib.

Sementara kehadiran Spaso di lini depan bisa mengakibatkan Lord Atep kembali ke singgasana bench. Tugas menyerang di sayap kiri akan diemban Tantan sedangkan poros serangan di kanan es yusuwel menjadi tugas Haji Ridwan.

Spaso akan menjadi fokus perhatian bobotoh. Selama ini kinerja butut Persib membobol gawang lawan masih dihampura karena memang kenyataannya Persib tidak punya penyerang tengah. Kini Djanur sudah punya obat atas penyakit Persib. Kami butuh bukti.

Semoga Spaso bisa menutup kekurangan Persib selama ini yang tidak memiliki figur sentral di kotak penalti. Permainan bola dari kaki ke kaki, dari tengah ke sayap ciri khas Persib Djanur kini bisa dimaksimalkan dengan umpan silang untuk penyerang yang cocok.

Sabar adalah Kunci.

Semen padang menjadi satu-satunya tim yang mengalahkan Persib kandang tandang musim lalu. Saat kalah di kandang musim lalu, semen padang yang diasuh Coach Jafri Sastra sukses menerapkan permainan serang balik yang matang, disiplin yang tinggi dan pemanfaatan kelemahan para punggawa Persib.

Para pemain Persib terpancing emosi nya di beberapa kesempatan saat Persib sedang tertinggal. Emosi Ferdinand Sinaga dan Hariono yang paling kentara terpancing. Beberapa kali beradu argumen dengan pemain Kabau Sirah dan pihak pengadil.

Memang Jafri Sastra sudah dipecat, tapi kemampuan Nil Maizar sudah terbukti tidak kalah apik. Jika Nil rajin menonton pertandingan Persib, yang emang rajin disiarkan langsung, Nil bakal mengulang strategi Jafra musim lalu di SJH.

Pressing ketat di setengah lapangan sendiri, disiplin bersabar dan kencang melakukan serangan balik. Penyerang-penyerang semen padang, Airlangga dan Nur Iskandar, memang bermodal utama kecepatan tinggi saat berlari. Nur bersama Viscara menjadi topskor bagi semen padang musim lalu dengan sama-sama mengemas 10 gol. Pergerakan cepatnya dapat merepotkan Vlado dan Jupe

Pada pertandingan nanti Persib harus mewaspadai pergerakan Esteban Viscara yang menurut hawar-hawar akan diplot sebagai striker.

Kata Coah Nil Maizar kepada goal.com

“saya memang akan mencoba beberapa alternatif, terutama untuk sektor depan pasca rencana kita merekrut pemin asing berposisi bek tengah, maka kita akan coba maksimalkan pemain yang ada untuk lini depan Viscara kita coba”

Pada musim 2014 pemain kelahiran 11 April 1986 ini bisa mengoleksi 10 gol dari 26 kali bermain. Jumlah tersebut  menunjukan bahwa viscara yang sebetulnya berposisi sebagai pemain sayap memiliki naluri mencetak gol yang lumayan joss.

Viscara juga memiliki kelebihan dalam mengeksekusi tendangan bola-bola mati. Di banyak kesempatan selama ini, bertahan saat situasi set piece merupakan salah satu kelemahan Persib.

Pertandingan tampaknya akan berjalan alot. Kesabaran semen padang menunggu kesempatan serangan balik akan membuat Persib banyak memegang bola. Lini tengah yang sabar dalam membangun serangan akan memenangkan laga.

Jika kombinasi konate dan spaso sudah nyambung, Persib bisa menghentikan rekor buruk gagal menang melawan Semen padang. Well, syarat lainnya Vlado, Jupe dan Mas Har harus bisa membuat hidup Viscara sangsara, biar tidak enjoy melakukan serangan ke gawang Made.

Selain Semen padang yang gagal dikalahkan dalam 2 musim terakhir, pertandingan pertama persib di liga rekornya juga kurang impresif.

Djanur:

Kalau mau jujur, sebenarnya saat hadapi laga perdana itu suka kadang gugup. Tidak tahu kenapa, setiap pertandingan perdana selalu seperti ini, termasuk pertandingan nanti lawan Semen Padang,

Bobotoh adalah pihak yang kudu paling sabar. Prung Tarung Maung Bandung!

@bus @xuk @omz @dit

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
×
×

Cart