Saat Djanur Jauh Dari Rumah

Pada hari Minggu nanti Persib Bandung akan menjalani laga tandang pertama menghadapi Pusamania Borneo FC. Bila melihat statistik Persib saat melakoni laga tandang, setelah dua musim diasuh oleh Djanur, skuat Persib memiliki catatan yang sekadar lumayan. Selama diarsiteki oleh pria asal Majalengka ini Persib sudah menjalani 30 laga tandang. Hasil yang diraih Djanur adalah 10 kemenangan, 11 seri, dan 9 kekalahan. Probabilitasnya cenderung berimbang antara menang, imbang, atau kalah.

presentase kemenangan djanur
Prosentase hasil tandang Djanur

Melihat hasil tandang di musim 2014 Persib menunjukan peningkatan dibandingkan musim 2013. Hampir semua aspek mengalami progres: menang bertambah, imbang dan kalah berkurang, jumlah kebobolan berkurang, clean sheet bertambah. Hanya terdapat nilai mundur di jumlah gol yang dicetak, sepanjang 2013 anak buah Djanur mencetak 27 gol, menurun menjadi 23 gol di 2014.

progress djanur
Progress Djanur.

Perkembangan terbesar di musim kedua menukangi Persib bagi Djanur adalah keberhasilan menekan tingkat kebobolan di laga tandang menjadi setengah dari musim sebelumnya. Persib kemasukan 13 bola musim lalu berbanding musim 2013 dimana kiper memungut bola sebanyak 26 kali.

Lampu Kuning Penyerangan

Dari segi produktifitas gol, Persib  mengalami kemunduran. Musim 2014 Persib berhasil menjaringkan bola sebanyak 23 kali, padahal di musim 2013 persib menghasilkan 27 gol. Walau secara tak kasat mata, gol per pertandingan persib meningkat dari 1.5 gol per pertandingan di 2013 menjadi 1.7 gol per pertandingan di 2014.

goal scorer
SVD dan Ferdi sudah pergi. Haji Ridwan cedera. Sisa Lord Atep, Konate dan Bunuh Diri.

Perihal pencetak gol di kandang lawan, Djanur patut sedikit panik karena 3 orang pencetak gol terbanyak untuk Persib sudah pergi atau tidak bisa bermain di Segiri nanti. Tersisa Lord Atep yang pernah mencetak 5 gol jauh dari rumah, Konate 4 gol dan bunuh diri 3 gol. Untung saat ini Mang Djanur sudah punya Zulham Zamrun, yang Insya Alloh cederanya sudah sembuh berkat diurut ke pa ebun. Semoga penampilan joss Zulham di kandang bisa berlanjut saat jauh dari rumah. Kalau gak yah, semoga bunuh diri bisa menunjukkan kapasitasnya sebagai salah satu dari pencetak gol terbanyak Persib di kandang lawan.

@xuk

follow kami di twitter @stdsiliwangi

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp