Teropong Jodoh AREWA – “Heyho Singa Jengke”

Persib Bandung akan menghadapi laga Bambang pamungkas pada turnamen kopi Indonesia melawan Arewa Cronus di stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang. Track record Persib mun maen di stadion ieu emang kurang mamprang, pada tiga laga terakhir Persib mencatatkan rekor dua kali eleh dan sakali kali hasil seri. Kekalahan terakhir di Kanjuruhan terjadi saat laga uji coba Persib vs Arewa, 11 Agustus 2015. Arewa sukses mengalahkan Persib dengan skor 1-0 melalui gol striker Persib nu edan saat di Arewa, Samsul Arif. Satu kekalahan lagi didapat pada saat ISL tepatnya tanggal 31 Mei 2013, saat eta Persib eleh oge 1-0. Hasil seri didapat Persib saat musim 2014, musim Persib keluar sebagey juara ISL. Pada pertandingan yang digelar tanggal 25 Mei 2014, Persib ditahan imbang Arewa dengan skor 2-2. Tuan rumah sukses menggagalkan kemenangan Persib akibat aksi dari aktor kelas Hollywood, Gede Sukadana nu ayeuna maen di Bali United, ojol-ojol ngajoprak di kotak penalti tanpa ditoel ku Vlado. Hasilna sudah tau kan, dua gol Ferdinand Sinaga hanya bisa membawa pulang 1 poin dari Malang.

PELATIH

Milomir Seslija, sering dipanggil Milo tapi karena kami lebih suka kopi dibanding susu milo, maka mari kita panggil dia Milomir weh. Sebelum melatih Arewa sekarang, Milomir pernah juga melatih Arewa pada tahun 2011 saat maen di IPL. Karena masalah satu dan lainnya Milomir pun tidak bertahan lama di Ngalam, ngan beberapa bulan hingga akhirnya diganti Dejan Antonic. Aki aki ini terbilang punya pengalaman di persepakbolaan Asia, secara sejak masih berkarir sebagai pemain doi menghabiskan karier profesionalnya di tim asal Asia Tenggara. Milo pensiun setelah membela tiga tim asal Asia Tenggara yaitu Sembawang Rangers FC di Singapur, lalu KL FA dan Sabah FA (klebna si Dado ieu) di Malay.

Milo wani meyakinkan menehemen Arewa untuk melepas beberapa pemaen yang dirasa tidak sesuai dengan skema doi. Padahal para pemaen eta merupakan kesayangan bagi tim biru wetan. Sebut saja Kiko Insa, Gede Sukadana, Ahmad Bustomi dan dua siki lain yang kemudian mendarat di Persib yaitu Sam Piero dan Cak Pur.

Sebenerna transformasi paling edan nu si Milo lakukan adalah membuat bek gaek Hamka Hamzah jadi alus deui. Tingali weh ayeuna si taeun lebih ramping dibandingkan basa taun lalu maen di PBFC. Hamka nu katingalina geus beak dan bucitreuk. Di musim ieu bersama Arewa doi bermain allright dan berhasil mencetak 9 gol. Catatan eta membuat Hamka jadi bek yang paling subur di turnamen kopi kali ini

Bisa dibilang Milomir ini salah satu pelatih asing yang sukses di Indonesia setidaknya hingga saat ini. Selain masih menjaga peluang juara di turnamen kopi ini, Milomir juga udah udah punya 2 gelar bersama Arewa, yaitu Piala Bhayangkara dan Bali Island Cup.

FORMASI

Sama seperti dua pertemuan sebelumnya, Milomir cenderung menggunakan formasi 4-3-3. Kurnia Meiga si ganteng yang masih ada urusan negara posisinya akan diganti oleh sang kakak. Achmad Kurniawan AK-47. Dua bek tengah tak tergantikan Hamka Hamzah Haz dan Goran Ganchev akan didukung dua bek luar Jon Alfamart di kiri dan Saiful Indra di kanan.

arema1

Trio di lini tengah kemungkinan masih diisi Nick Kalmar, Raphael Maitimo dan Feri Saragih yang dalam beberapa pertandingan kemarin menggantikan Hendro yang cedera.

Sementara barisan penyerang jigana akan kembali ditempati Vizcarra di kiri yang sempat absen pada saat lawan PBFC dan Dendi Santoso di kanan buat gantiin Okto nu kartu bereum basa lawan PBFC. Posisi penyerang tengah mah masih akan jadi El Loco Gonzales atuh. Mereun engke kubunuh mama kau lamun El Loco diganti.

KEKUATAN

Permainan bola-bola pendek dengan sistem penguasaan bola adalah andalan Milomir. Pemaen-pemaen di lini tengah yang bisaan mawa bola jiga Maitimo dan Kalmar akan jadi kunci permainan Arewa besok malem. Hingga menjelang pekan terakhir ini, penguasaan bola Arewa berada di urutan ke-4, walaupun ya masih dibawah Persib juga. Meskipun kuat dalam penguasaan bola, El Loco dan kawan-kawan terbilang  jarang melakukan tendangan ke gawang.

Tercatat baru 291 kali mereka melakukannya, itupun hanya 128 kali yang mengarah tepat sasaran. Dan eta merupakan peringkat ke 12 yang terloba, kalah dari Persela Lazio juga. Bisa jadi, pemaen Arewa ini kesulitan dalam membongkar pertahanan lawan atau emang hobinya hayoh we ngolah terus bola. Minim melakukan tembakan juga berpengaruh pada jumlah gul yang dicetak. Baru 46 gul yang berhasil dilesatkan, ngan beda selisih 1 sama Persib.

Walaupun tidak terlalu sering mencetak gul dan melakukan tendangan, motivasi ngejar juara adalah hal yang patut diwaspadai. Iwan Budianto dan kawan-kawan pasti bakalan mengerahkan semua kemampuan yang dimiliki maupun yang tidak dimiliki. Arewa oge di kandang sorangan baru kalah sekali. Apalagi 5 partai kandang terakhir mereka bisa menang 4 kali dan draw sakali.

Efektivitas mengonversi peluang menjadi gul juga kekuatan Arewa lainnya. Tidak dipungkiri bahwa El Loco ini masih merupakan penyerang tertajam di Indonesia. Peluang saeutik di depan gawang bisa saja jadi gul ku El Loco mah.

Belum lagi sisi kiri yang jadi andalan. Vizcarra yang lawan PBFC absen berpengaruh pisan pada pola serangan Arewa yang jadi tidak teroganisir. Bukan rahasia umum lagi kalau Vizcarra sering merepotkan barisan pertahanan Persib. Hobinya yang suka cutting inside juga kudu diantisipasi.

Sektor gawir kiri Arewa Cronus memang patut diwaspadai. Alfrazie sebagay fullback kiri selalu setia membantu pergerakan Vizcarra dalam penyerangan Arewa di jalur gawir kiri. Alfarizie nyisir dugi ka tungtung sementara Vizcara nusuk kajero melakukan gerakan cut inside nu matak ngbahayakeun gawang Persib. Alfarizie memiliki kecepatan lumpat anu bagoy tarik, Vizcarra sangat joss dalam menguasai bola plus memiliki tendangan-tendangan terukur ka gawang musuh. Catatan Vizcarra bersama Arewa Cronus hingga detik ini adalah 30 kali bertanding dengan menghasilkan 7 gol dan 5 assist. Vizcarra menjadi top skor katilu Arewa dibawah El Loco dan Hamka Hamzah. Sementara untuk asis, Vizcarra menjadi pemain dengan asis terbanyak bersama Raphael Maitimo. Tendangan tepat sasaran Vizcarra menjadi yang terbanyak kedua setelah El Loco Gonzales. El Loco telah mencatatkan 35 tembakan on target sedangkan Vizcarra mencatatkan 21 tembakan on target. Ngeray.

Kehohoroan dua gawir kiri Arewa ini ditambah dengan tidak bermainnya fullback kanan andalanque, Jajang Sukmara. Dengan bermainnya Jasuk saja kita hariwang untuk menghadapi duo gawir kiri Arewa, tanpa Jasuk sudah pasti kita akan memainkan Dias Angga Putra yang suka menampilkan sosok muka pikhawatireun. Semoga Dias bisa lebih tegar, Dias yang dulu bukanlah yang sekarang,dulu hariwang sekarang sekuat karang. Amiin keun barudak.

Selain itu, barisan pertahanan yang digalang Hamka juga kokoh tak tertandingi. Arewa adalah tim yang paling sedikit kagulan sampai saat ini, bisa dibilang punya pertahanan terbaik dibandingkan dengan kontestan lainmah, gawang Arewa ngan kagolan 22 kali.

KELEMAHAN

Persib kudu bisa memanfaatkan kelengahan pemaen belakang Arewa yang lapur di 15 menit terakhir. Bahkan 6 gul yang bersarang itu tercipta di menit 80 kaluhur. Faktor usia dan kelelahan jigana titik lemah Hamka-Goran. Pengalaman boleh menang tapi umur mah moal ngabobodo. Hahaha.

arema2

Kelengahan dua bek ini juga terlihat pada partai melawan PBFC kamari. Terens beberapa kali bisa lolos dari jebakan offside dan pengawalan Hamka. Belum lagi serangan balik yang dirancang PBFC emang merepotkan pisan lewat Jefri Kurniawan atau Edilson.

Alfarizi atau Saiful Indra juga jarang dapat bantuan dari pemaen lainnya. Waktu masih ada Hendro mah sih saleheung keneh. Sekarang mah paling bantuan itu langsung dari Hamka atau Goran. Vizcarra dan Dendi atau Okto mah jarang trackback, lebih doyan ngetem jiga angkot Caheum-Elang. Pun, Alfarizi dan Saiful Indra lamun naek overlap sok poho turun atau emang teuing horeameun.

Pemaen tengah PBFC oge basa eta enjoy pisan lawan Saragih dan Maitimo. Ada celah besar yang dibuat lini tengah Arewa yang bisa disasar dengan baik oleh Flavio dan Edilson.

CIRIANEUN

El Loco Gonzales tentu wajib diwaspadai. Meskipun sudah om-om doi masih bugar dan berbahaya di depan gawang lawan. Doi mungkin tidak cepat, tapi pergerakana sebagai pemantul bola berbahaya pisan. Kemampuan keeping bolana alus pisan, apalagi dengan awakna nu seseg doi bisa nahan bola cukup lama dan hese karebut.

El Loco yang dipakai sebagai ujung tombak pasti bakal digunakan Milo untuk memecah konsentrasi para pemain bertahan. Pada saat Vlado cs sibuk ngajagaan manehna, para pemain dari lini kedua bakal muncul untuk memanfaatkan ruang kosong. Inget atuh gimana gol si Sunartorres di final Piala Bhayangkara. Para pemaen bertahan katarik kabeh ku pergerakan El Loco yang melebar ke area kiri pertahanan. Eh terus manehna langsung ngirim umpan endeuss kepada Sunartorres yang berada di tiang jauh dan tidak terkawal siapapun.

Ferry Aman Saragih perlu diwaspadai. Juniorna Mas Har sebagey sesama alumnus Deltras Sidoarjo ini mungkin secara teknis keseluruhan mah biasa wae. Tapi pergerakan manehna ke sisi luar sering menjadi ancaman. Pergerakan melebar FAS membuat Esteban atau Dendi Santoso bisa masuk ke area tengah dan melakukan pergerakan satu dua dengan manehna. Yang begini-begini ini skema yang biasanya bikin Jasuk kelimpungan karena rudet dek ngajagaan saha.

Hiji deui nu bahaya teh si Hamka, duh euy asa mineng nyebut si Hamka tapi da emang kudu dicirian sih. Dalam beberapa pertandingan di turnamen kali ini doi sering mencetak gol stelan Sergio Ramos, sundulan di menit-menit akhir. Ini bisa jadi catatan buat lini pertahanan Persib untuk sebisa mungkin tidak membuat Arewa banyak mendapatkan tendangan sudut atau tendangan bebas di area berbahaya. Terlebih si Hamka ayeuna tendangan bebasna jadi leuwih alus. Jadi jangan sampai meripuhkan diri sendiri gitu.

 

Salam, (@arn, @jay, @fah/@xuk)

Folllow kami di @stdsiliwangi

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
×
×

Cart