Teropong Jodoh-“Melawan (Kembali) Papanya Rania”

Laleuleus keneh? Enya emang laleuleus keneh. Tapi seperti quote-quote kekinian mah “hidup harus terus berjalan” dan melawan Semen Padang Sabtu esok bisa menjadi ajang Persib Bandung untuk bisa bangkit dari kekalahan kamari anu rada peurih. Semen Padang oge tentu ingin bangkit, diberondong 5 gol oleh striker tua-tua keladi El Loco Gonzales di Malang menjadi tamparan tarik untuk skuad asuhan Nil Maizar, papanya Rania. Unggul heula 2-0 atuh Semen Padang plus boga tabungan 1 gol di leg pertama tiba-tiba dibalikkeun 5 gol ku Arewa, sudah terbang tinggi jol katembak meriam ieu mah , tarik jow.

Semen Padang sebenarnya tim paling produktif selama gelaran Piala Presiden. Semen Padang sukses mencetak 16 gol dan kemasukan 5 gol dari enam pertandingan yang dijalani di Piala Presiden. Antikna, 5 gol yang bersarang ke gawang Semen Padang semuanya didapat saat lawan Arewa dan aktor utamanya nyaeta El Loco Gonzales.

Semen Padang begitu nyered di akhir babak pertama dan di awal babak kedua. Total 8 gol tercipta di rentang waktu 31-45 dan 46-60, pibahayaeun. Sementara  di rentang menit 76-90 gawang Semen Padang paling banyak dijebol dengan total 2 gol bersarang di gawang M. Ridwan pada saat lawan Arewa. Kondisi mental yang labil setelah kaasupan dan konsentrasi anu menurun menjadi sebab Semen Padang bisa dibobol di menit akhir oleh Arewa. Kondisi Semen Padang yang masih sering labil di menit akhir ini lah yang bisa dimanfaatkan Persib untuk bisa kembali menaklukan papanya Rania and the geng.

Formasi Semen Padang

4-4-2 Semen Padang di babak 1

Semen Padang biasanya akan menggunakan formasi 4-4-2. Dua striker di depan tidak berdiri sejajar, salah sahiji posisi leuwih jadi second striker. Kedua striker yang dipasang oleh papanya Rania merupakan striker bertipe petarung, sradak sruduk kaditu kadieu dan rajin untuk turun menta bola. Semen Padang akan menduetkan Marcel Sacramento dan Samsul Bahri di lini depan di awal-awal laga yang ditopang oleh empat gelandang di belakang mereka.

4-2-3-1 Semen Padang babak ke 2

Pada babak kedua, Nil Maizar biasanya akan memasukan Rico Simanjuntak, Irsyad Maulana dan Rudi yang membuat formasi Semen Padang dari 4-4-2 berubah menjadi 4-2-3-1. Irsyad, Rudi dan Rico akan bertugas menjadi tridente yang menopang pergerakan Sacramento di lini depan. Irsyad dan Rico Simanjuntak merupakan pemain ngabret yang siap meledak dan mengacak-ngacak sisi gawir pertahanan musuh di babak kedua. Pada babak pertama, tugas ngacak-ngacak gawir biasanya diberikan kepada Kevin Ivander dan Adi Nugroho, sebagai young boys Semen Padang.

Untuk kuartet lini belakang biasanya Uda Nil akan memasang kuartet Novan Setya, Cassio, Novrianto, dan Boas Atururi. Namun, dalam laga melawan Persib Boas Atururi kemungkinan absen karena akumulasi plus cedera oge. Posisinya kemungkinan besar akan diisi oleh Novan Setya yang digeser ke pos fullback kiri, sementara fullback kanan bisa diisi oleh Hengky Ardiles atau Fandry Imbiri.

Namun, pada laga leg kedua melawan Arewa, Semen Padang terlihat langsung menggunakan formasi 4-2-3-1. Pada laga ini, Samsul Bahri dicadangkan dan posisinya digantikan oleh Finno seorang gelandang jangkar yang ditempatkan untuk berdeut dengan Ko Jae-Sung yang bertugas sebagai filter serangan lawan. Bila Finno ditempatkan sebagai gelandang jangkar maka Vendry Mofu yang semula berduet dengan Ko Jae akan dimajukan saeutik sehingga posisinya berada tepat di belakang Marcel Sacramento.

Vendry Mofu merupakan pemaen eweuh kacape, daek udar ider bantu nyerang dan bantu nuar batur ketika bertahan. Pemaen pekerja keras seperti Mofu bisa merepotkan lini tengah lawan karena selalu dengan sepenuh hati mencintai kamu mengejar bola kemanapun pergi. Saat lawan Arema di leg kedua, Mofu dengan cerdik melakukan skema one-two dengan Sacramento setelah menerima sundulan rekannya. Saat bola di Sacramento, Mofu dengan enjoy melakukan pergerakan tanpa bola anu joss ka pertahanan Arewa yang diakhiri dengan menceploskan bola ke gawang Arewa.

Kelebihan

Sebagai tim paling produktif, tentu lini payun Semen Padang sangatlah perlu diwaspadai. Lini depan Semen Padang yang diisi oleh para pemain-pemain tukang lumpat begitu agresif dalam membongkar pertahanan lawan. Sacramento sebagai striker tunggal begitu rajin bergerak ke sana ke mari mencari alamat jeng jeng, membuka ruang kosong bagi rekan-rekan gawirnya untuk menusuk ke jantung pertahanan musuh. Sacramento pun sering dimanfaatkan sebagai pemantul guna memuluskan skema one-two pass untuk membongkar pertahanan lawan.

Selain eta, umpan-umpan crossing dari sisi gawir Semen Padang perlu diwaspadai. Beberapa kali Semen Padang sukses menjebol gawang lawan melalui umpan-umpan crossing sisi gawir. Umpan-umpan crossing ini pun tidak hanya dieksekusi oleh Sacramento, namun para pemain second line Semen Padang sering kali merangsek masuk untuk bisa mengeksekusi umpan crossing.

Umpan-umpan panjang dari lini belakang juga menjadi opsi Semen Padang untuk melancarkan serangan balik cepat. Umpan panjang tersebut akan diarahkan kepada Sacramento yang tetap nagen di lini depan atau ke para pemain gawir gancang Semen Padang anu siap mengobrak-abrik lini pertahanan musuh anu cawerang kusabab lagi enjoy menyerang. Oh hiji deui, tendangan-tendangan gledek dari luar kotak penalti dari anak-anak Semen Padang oge rada pibahayaeun karena mereka boga penembak jarak jauh anu jitu macam Rudi, Rico, Irsyad, dan Vendry. Pokoknya mah lini belakang Persib kudu ekstra waspada dalam membendung serangan-serangan Semen Padang bila tidak mau tertunduk lesu oleh Papanya Rania.

Kekurangan

Sebelum menghadapi Arewa di leg kedua, gawang Semen Padang sebetulnya masih perawan. Namun, saat bertandang ke Malang, M. Ridwan gagal menjaga keperawanan gawangya. Bahkan gawangnya bobol nepika 5 kali ku striker tua-tua keladi, makin ladu makin jadi, El Loco Gonzales.

Saat kebobolan oleh Arewa, pada proses gol pertama El Loco, baik Cassio dan Novrianto sebagai dua bek tengah tertarik untuk menutup pergerakan Bertoldo anu ekeur mawa bola, sementara El Loco hanya dijagaan oleh Boas Atururi sehingga El Loco bisa dengan enak menerima umpan Bertoldo karena hanya dijaga oleh Boas Atururi. Kabiasaan Cassio dan Novrianto anu osok kapancing naek untuk nutup pemaen second line, bisa menjadi salah satu celah yang bisa dimanfaatkan oleh para pemain Persib untuk membongkar pertahanan Semen Padang.

Lini belakang Semen Padang sering kali kehilangan fokus setelah gawang mereka kebobolan. Saat melawan Arewa, setelah kebobolan lini belakang Semen Padang justru mulai panik dan mulai tidak disiplin dalam menjaga daerah mereka. Kedua full back seringkali telat turun, sehingga menciptakan ruang kosong yang enakeun untuk bisa ditembus pemaen gawir Arewa yang diakhiri umpan crossing manis manja ke kotak penalti Semen Padang. Dua kali Arewa sukses menjebol gawang Semen Padang melalui umpan crossing pada gol ke 3 dan ke 4. Ditambah, keputusan M. Ridwan dalam memotong bola crossing seringkali terlambat sehingga berujung gawangna kaasupan.

Cirianeun.

Pemain yang paling patut dicirianeun adalah striker sekaligus kapten Semen Padang saat ini,yaitu Marcel Sacramento.  Sacramento menjadi pencetak gol paling banyak Semen Padang di ajang Piala Presiden ini, dengan mengoleksi 6 gul dari 6 pertandingan. Boa edan ieu striker ganas sekali. Sacramento merupakan striker anu rajin turun katukang menta bola, pandai membuka ruang, boga pergerakan tanpa bola nu meded, gocekan leueur dan tendangan anu mejeuh. Bisa dibilang sih Sacramento cukup komplit sebagai seorang striker. Kita tentu masih ingat, dua golnya ke gawang Persib saat bermain di H. Agus Salim yang membuat Persib eleh 0-4 oleh Semen Padang di turnamen kopi.

Perlu diwaspadai pisan sih, emang pergerakan off the ball Sacramento ieu emanag meded dan nyieun bek musuh lieur. Pergerakan off the ball na bisa membuat pergerakan rekan-rekannya menjadi lebih leluasa dan tentu bisa melepaskan penjagaan dari bek musuh lawan.  Saat mencetak gol pertama Semen Padang di leg kedua melawan Arewa, Sacramento justru berada jauh dari kawalan bek-bek Arewa sehingga niin bisa enakeun kontrol bola lalu melepaskannya ke gawang Kurnia Meiga tanpa pengawalan. Arthur Cunha ge aget jol aya Sacramento ditukangeun manehna. Memang perlu dicirianeun pisan ieu striker.

 

Salam, [jay]

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
×
×

Cart