Teropong Jodoh PS TNI – “Serdadu Juru Kunci”

Pada putaran pertama, sesaat sebelum menjamu Persib, PS TNI sebenarnya dalam periode nu bagoy alusna, hanya sekali eleh dari 5 pertandingan sebelumnya. Sekarang justru tibalik, PS TNI bertandang ke Bandung dengan kondisi yang uyuhan. Teu uyuhan kumaha atuh dari 5 pertandingan terakhir PS TNI hanya mampu meraih 1 kali kemenangan, sesana eleh.

Sekembalinya tonggak estafet kepelatihan ke Suharto Angkatan Darat, ternyata performa PS TNI hanya bagus di awal lalu titeleum kemudian. PS TNI sekarang menempati posisi paling dasar di klasemen turnamen sepakbola coffee dengan raihan poin 25 dari 7 kali kemenangan, 4 kali hasil imbang dan 19 kali kekalahan. Selain sulit dalam meraih kemenangan, PS TNI juga begitu rapuh dalam pertahanan, PS TNI menjadi tim paling banyak dibobol oleh lawan dengan total kemasukan sebanyak 63 gol bersarang ke gawang mereka. Dari segi ngagulkeun PS Tentara ge cenderung ripuh sih, karek ngasupkeun 34 gul ka gawang musuh yang menempatkan mereka menjadi tiga tim terbutut dalam urusan mencetak gul bersama Persegres dan Perjisa Jakarta.

FORMASI

pstni1

Tidak perlu dibere nyaho oge sepertinya masyarakat Indonesia akan hapal bahwa Suharto Angkatan Darat make formasi 4-2-3-1 seperti umumnya. Posisi Wiganda Pradika di bek kanan luar, Aldino Herdianto di penyerang dan Legimin Raharjo sebagey gelandang bertahan sekaligus kapten adalah 3 pemaen yang rutin selalu maen. Moal dicadangkeun, sieun der hujan badag dor dar gelap.

Absennya Manahati Lestusen dan Abduh Lestaluhu karena memperkuat timnas di ajang piala AFF membuat kondisi PS TNI pincang saat meladeni Persib di Jalak Harupat. Posisi keduanya biasanya ditambal oleh dua pemain anyar PS TNI yaitu Stevanus Bungaran dan Choirul Hidayat, namun permainan keduanya memang tidak mampu menutupi celah yang ditinggalkan oleh Manahati dan Abduh Lestaluhu.

Walaupun kagulan 6 gul pas lawan PBFC, jigana Dhika Bayangkara masih akan mengisi kiper PS Tentara dan dilindungi dua bek tengah Wanda Syahputra dan Hendri Aprilianto yang juga ikut kagulan sebanyak 6 kali.

Trio di belakang Aldino sepertinya akan diisi oleh duo flank pelari jarak jauh Erwin Ramdani dan Wawan Febrianto. Duaan ini biasanya yang suka ngerepotin bek-bek Persib. Jika kalian melihat di website resmi turnamen kopi ini posisi Tambun Naibaho adalah penyerang bayangan, maka akan sangat cocok Tambun sebagey pemaen yang berada tepat di belakang penyerang utama. Dan jangan heran mun dipasang engke Tambun bakal nunutur Aldino sang empunya bayangan.

KEKUATAN

Sudah tentu yang patut diwaspadai adalah kedua flank mereka, Erwin Ramdani dan Wawan Febrianto. Meski pada pertandingan lawan PBFC keduanya teu dibawaan ulin dan diganti posisinya oleh Frets Listianto dan Irfandi Zein, sepertinya untuk pertandingan lawan Persib ini mah Suharto bakal menurunkan keduanya dari awal.

Selain karena Frets tidak tampil alus, Erwin dan Wawan adalah pemaen yang udah berpengalaman sama Persib mah. Erwin adalah pemaen asli Sunda, pasti aya weh kekuatan terselubung saat melawan leluhur mah. Sementara Wawan adalah pemaen paling pikasebeleun semenjak masih di PBR. Rutin merepotkan dengan lumpat geboynya dan gerakan melejit-lejit layaknya kobra yang menari karena mendengar suara suling, juga sering bertukar posisi dengan Erwin di sisi sebrang. Besar kemungkinan kita akan sering menyaksikan Erwin dan Febri beradu dan berduel pada pertandingan nanti.

Memiliki para pemaen ngabret di lini tengah dan depan sangat memungkinkan PS TNI untuk melakukan serangan-serangan balik cepat secepat si doi move on setelah putus dari kita. Tambun Naibaho, Wawan Febriyanto, Guntur Triaji, Dimas Drajad, Erwin Ramadhani, dan Pandi Lestaluhu adalah para pemaen lumpat sangabret kijang nu bisa nyieun ripuh lini tukang Persib khususna fullback Persib ketika menghadapi serangan balik PS TNI.

Selain ngabret lumpat bagoy, para barisan penyerang PS Tentara sudah khatam bagaimana bertukar posisi, permutasi antar sayap oge joss dan suka bikin pusing. Kadang bikin pusing lawan, kadang bikin pusing manehna sorangan.

Crossing, terutama yang mendatar dengan sedikit ke arah pelari dari barisan tengah yang diakhiri dengan tendangan cannon ball a la Cucu Hidayat, dan gerakan potong kompas ke tengah adalah andalan para pemaen gawir PS TNI. Hati-hati dan waspada. Jangan dibiarin umpan silang cut back, dan jangan diantep wae kalau ada yang cut inside. Tuar jeung kabogoh-kabogohna sakalian.

Ditambah memang para pemaen PS TNI memiliki para penembak jarak jauh nu lumayan oke seperti Legimin Raharjo dan Wawan Febriyanto, nu bisa mengejutkan kiper lawan. I Made Wirawan pernah jatuh bangun menahan tembakan jarak jauh para pemaen PS TNI pada putaran pertama.

KELEMAHAN

pstni2

Brutalnya serangan PS Tentara di awal laga tidak berjalan semulus paha Ariel Tatum. Dalam 15 menit awal mereka hanya bisa mencetak 4 gul atau yang paling rendah dari periode lainnya. Selain itu, PS Tentara datang ke Kabupaten Bandung dengan modal  4 pertandingan berturut-turut dengan rentetan kekalahan, terakhir dibantai oleh PBFC dengan skor 6-1.

Akibat fisik yang terkuras di awal laga, di akhir pertandingan kondisi mereka sudah kacau balau. 17 gul yang masuk ke gawang Dhika dan Teguh Amiruddin adalah bukti lengahnya barisan pertahanan PS Tentara di 15 menit akhir pertandingan.

Emang kitu, sih basa pertemuan pertama di Bogor tea. Maranehna bisa langsung nyerang ti awal-awal tapi kemudian pareum di menit 30-an. Bisa dibilang kinerja para pemaen PS Tentara ini tidak efektif dan nyieun matak yang justru bikin blunder kemudian di akhir laga. Jiga masang bom waktu untuk musuh tapi akhirnya meledak di imah sorangan.

PS TNI sebenarnya memiliki kemampuan melakukan pressing ketat sejak bola masih di lini pertahanan lawan, tetapi sering kali pressing yang mereka lakukan berdampak ripuhnya lini belakang mereka. Jika pressing yang dilakukan PS TNI gagal, lini depan yang terlanjur naek menjaga jarak ke lini tengah suka keripuhan dalam mengantisipasi umpan panjang jauh dari lini belakang. Bali United pernah mencetak gol melalui umpan panjang jauh dan sukses disundul Miftahul Hamdi setelah menang adu lumpat dengan dua bek PS TNI sebelum menyundul bola menyambut umpan panjang eta. Arema oge beberapa kali sukses melakukan umpan silang dari tengah menuju pojok kanan dan kiri pertahanan PS TNI karena ada celah kosong dilini belakang yang bisa dimanfaatkan para pemaen gawir Arewa untuk membongkar pertahanan PS TNI.

Kelemahan lini tukang PS TNI selain sok maju teuing akibat stratehi pressing mereka ti hareup, lini tukang PS TNI nepi ka kiperna osok bingung jiga nu ling lung dalam antisipasi bola crossing. Kebiasan para pemaen tukang PS TNI nyaeta diam di zona mereka sambil menonton arah bola kamana, tanpa ngajagaan pergerakan tanpa bola pemaen lawan. Kiper oge kitu, sok mencrong dan gerakanna nuturkeun arah bola tapi osok telat motong bola dan mengantisipasi sundulan lawan. Jika sukses motong bola, kiper PS TNI osok kamana wae clereance bolana.

Di pertandingan terakhir PBFC vs PS TNI, PBFC bahkan sukses menjebol 5 kali gawang PS TNI melalui skema umpan silang. Gol terakhir PBFC mirip jiga gol si Kim Kuncir basa menjebol gawang PS TNI pada putaran pertama. Umpan crossing sukses disundul ke tengah oleh Rahmat Latief dan di sana Pedro Javier yang tanpa pengawalan melakukan tendangan gunting untuk menjebol gawang PS TNI. Pas Persib mah, Crossing Lord Atep ke tiang jauh disundul Vlado lalu kirim umpan ke tengah dan disundul tarik deui ku si Kim. Plus gol kadua Persib melalui sundulan Sergio berkat crossing manis manja Jasuk sukses menambah keunggulan Persib atas PS TNI di putaran pertama. Skema crossing bisa menjadi pilihan untuk ngalelewe lini tukang PS TNI.

5 dari 6 gul PBFC dicetak dari umpan yang berasal dari sayap, 3 dari set piece dan 2 awalnya dari umpan silang. Semua gul itu dicetak karena enjoynya para pemaen PBFC berduel bola atas, bahkan ada beberapa momen Dhika Bayangkara salah dalam penempatan posisi, jiga gul pertama, gul kadua dan gul ke 4.

Absennya Abduh Lestaluhu juga berpengaruh pisan. Biasanya Abduh adalah pemaen yang sering terlibat dalam serangan dengan operlap dan melakukan umpan silang. Umpan silang Abduh juga termasuk yang terbaik di PS Tentara, neupi bisa asup ka Timnas oge matakan.

Cirian

Pemaen nu kudu rada dicirian adalah striker lokal andalan PS TNI, Aldino. Si taeun sejauh ini sukses mencetak 8 gol untuk PS TNI dan mencatatkan diri sebagey top skor sementara PS TNI. Aldino memiliki awak seseg plus badag, selain eta manehna boga kecepatan untuk masuk ke jantung pertahanan lawan. Aldino oge boga kahayang untuk duel dengan bek lawan, mencari ruang kosong, dan ngotot guna mencari peluang untuk mencetak gol. Seringkali menjadi opsi pemantul bola bagi rekan-rekannya yang berposisi sebagey pemaen gawir untuk bisa menciptakan peluang dengan menggunakan kombinasi ‘wancu’ winning eleven PS 1.

Lini tukang Arema kamari kacele ku kombinasi Dimas Drajad-Aldino dalam memperagakan skema ‘wancu’ wining eleven ieu yang menyebabkan Dimas Drajad sukses menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Kedah janten perhatosan kanggo anggota grup whatsapp defender Persib, ulah haben weh share link donlod video bigo live.

 

Salam, (@fah, @jay / @bus)

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp