Tetap di Puncak Bersama Rania

Dari Surabaya menuju Bantul

Tanpa Rania yang diam memantul

Ada tiga poin yang dikejar

Demi puncak yang dinginnya tak wajar

 

Kita tanpa Eze, kamu tanpa Gustavo

Kamu yang bete, kita yang bravo

Wasit hari ini emang antik

Jangan lupa sambil denger lagu syantik

 

Jadwal padat bukan alasan kalah

Walau semua dalam kondisi lelah

Selalu ada hari yang cerah

Untuk membawa kemenangan yang meriah 

 

Papah Nil larang kita ketemu

Aku jadinya membawa rindu yang semu

Pulang menuju Bandung yang sejuk

Membawa oleh-oleh kita tetap di pucuk

 

Persib Bandung kini di pucuk klasemen dengan selisih gol pangbadagna (11) dan kaasupan pangsaeutikna (4). Enak atuh! Bagaikan sudah jatuh di pelukan Rania kemudian tertimpa Marion Jola.

Pertandingan yang bikin sport jantung lebih edan daripada numpak Enk Ink Enk ka Garut. Luar biasa emang Persib, bisa mengakhiri jadwal gila maen 6 kali dalam rentang waktu 22 poe, plus  3 pertandingan terakhir teh tandang kabeh, dengan menjadi pimpinan klasemen.

Sudah jadi kabiasaan musim ini, Persib maen kekurangan pemain inti karena hukuman akumulasi kartu. Harga yang pantas lah kalau melihat hasil na mah. Sudah kehilangan Viktor, In Kyun, Bauman, Bang Pardi di beberapa pertandingan sebelumnya. Kali ini tanpa Malisic dan King Eze. Setelah hampir meunang di Barito, beneran meunang di Surabaya, ditutup dengan kemenangan gol pinalti menit 95 oleh Joni Kembaranque. Klimaksna dibucatkeun di jero ieu mah!

Ancaman Papa Nil

Rania, angkat gelasmu sayang

Teh Sobo jadi memabukkan karenamu

Jangan cemberut Raniaku sayang

Baeudmu tidak kalah manis dengan senyum selebrasi Wanggai

Kita mungkin harus berpisah karena hasil ini

Tapi kumohon, jangan kau lupakan aku Rania

Malam Minggu kamari pas kami keur apel ka rumah Rania, Papah Nil ngawanti-wanti saacan kami balik. “Kalau Persib besok menang, kamu ga boleh lagi maen ke sini.” Begitu kata Papah sambil makan martabak San Francisco tiramisu coklat yang kami bawa. Pada saat di jalan kami gundah, gulana dan sedih. Tapi, cinta kami ka Persib lebih gede daripada ka Rania, barina ge awewe silih datang dan pergi ke kami itu adalah nu biasa. Sikaap.

Bener weh, untuk kesekian kalinya Persib bikin papa Nil ngegel curuk. Memang sih di atas kertas ge duel antar lini PS Tengtara dan Persib masih jauh unggul Persib walau tanpa King Eze dan Boyan Malisic. Teu paham eta Rakic bisa nyetak 10 gul, ripuh atuh dia mencoba melewati Piktor dan Ardi Idrus nu kaciri pisan kelelahan abis konser 3 kota. Wawan lawan Bang Haji Pardi mah sudah jelas, siapa yang akhirnya maen 90 menit dan yang diganti duluan menunjukkan siapa bos di sisi sayap belah ditu. Manahati Jeung Ryan titah nagenan Dado dan Grade A? atuh dari grade juga udah jelas kan yah.

Rada saleheung dari pemain Papa Nil adalah si Abu Bakar. Sepanjang pertandingan berkali-kali berhasil membuat Bauman dan Gozali kesal karena gagal maning-gagal maning. Asa teu ningali ngesang eta Abu Bakar, padahal maen bari ngaheot cover lagu Kiki do you love me? Are you riding? Say you’ll never ever leave from beside me.

Pemain inti Bah Gomez memang nyelametkeun pisan Persib. Ardi Idrus dan Gozali nu maen terus di jadwal padat ieu, masih ayaan keneh walau sedikit menurun performana. Bauman cetak gol dan dua asis. Da atuh kami lalajo di imah, bitis jol-jol bariru geuneuk, ai kembar mah kan kitu, di ditu disikat, kami ge kereteg karasa. Sempet kontak batin tadi teh saacan najong penalti, ceuk kami teh A tajong ke arah kiri aja. Bener weh kan. Jadina gul!

Nu mahiwal mah Deden Natsir. Teu paham eta di gol pertama kumaha pipikiranna. Sudah terlalu lelah euy membahas blunder demi blunder Deden mah. Jawabannya sudah jelas kudu kumaha biar gawang Persib bisa lebih aman.

Babak Pertama

Persib, khususnya pas babak pertama, maen begitu ripuh dan sulit menembus pertahanan PS Tira. Hal ieu salah satuna disebabkan oleh pressing anying edan nu diperagakeun oleh pemaen asuhan Papa Nil ini. PS Tangtara nyieun loba pelanggaran anu diantep ku wasit yang rarayna mirip tukang nguseup di balong Pak Uca. Para pemaen lawan menggunakan metode ANALis, sukanya ngabebeskeun (suku) lewat tukang. Pamaen Persib diseleding ti tukang sabaraha kali hayoh weh teu dipiriwit. Miris oge ieu, ketika uka hanya mampu ngomongkeun mantan ti tukang, pamaen PS Tangtara geus waranian nyeleding ti tukang.

Keripuhan Persib yang belum nyetel dengan duet Joni Kembaranque dan Patrick Wanggai terasa sekali di babak pertama. Apalagi lini tengah rada pincang dengan maenkeun Agung Bukan Hercules di katuhu dan Ghozo nu capeeun di kenca. Eeh ontohod moyan, PS Tira pinter dengan terus ngepress Piktor, bikin umpan jauh Persib kudu ku Indra wae. Keripuhan ini terasa selama babak pertama, Persib cuma mencatatkan 4 peluang berbanding 6 milik PS TIRA.

Maen sarua teu puguhna, PS Tira hokie pisan bisa ngagulkeun. Mental Persib rada endeur. Untungna kemudian Wanggai bisa menebus kesalahan Deden. Membungkam semua kritik yang masuk selama ini. Dibalas dengan karya atuh sama doi. Wanggai maen berkelas untuk laga debutnya sebagai starting XI bersama Maung Bandung. Dua gol! Gol kahiji dikontrol dua kali, dada dan paha sebelum dihabred. Geus ciga hisana gerlong  dada paha dalapanlas rebuan. Gol kadua finishing cociks terarah. Mari kita nyanyi dulu “Wanggaaaai dipisah, laut dan pantaiii~”

Joni Joni. Yes Papa.

PS TIRA terlalu ripuh buat maen lewat tengah lawan Persib. Tanpa kehadiran Gus Lopez dan Berriex, justru malah ngehadapin Inkyun nu keur mejeuh-mejeuhna.

Tenaga Inkyun jigana kakara dicas pake fast charging keluaran terbaru made in Korea. Sagala sisi didugdag ku Inkyun, kejar setoran Jatinangor-Ciumbuleuit PP setengah jam perjalanan. Inkyun loba dilanggar, karena pemaen PS TIRA apal kalau si Grade A beberapa kali bisa lolos kemudian mere umpan enak ke Gojali, Agung bukan Bacun atau Wanggai. Inkyun jarang-jarang atuh menta bola ka handap pisan kemudian nyusun sorangan oge serangan. Bukti renggangna jarak gelandang PS TIRA nu bisa betul-betul dicecar sama Inkyun. Top Grade A!

Setelah sejam maen bersama, kekompakan antara Oh In Kyun, Joni Bauman, dan Patrick Wanggai mulai karaos. Di final third oge Persib lebih nyaman dengan kehadiran Patrick Wannggai. Cuco bo, deskeu jadi penggentos King Eze saat udur. Jujur kami katakan, Wanggai lebih baik dari Ronggoal!

Wanggai selalu bisa mengisi ruang nu kosong, silih bahu membahu dengan Bauman buat nyetak gul. Gul pertama ge Bauman teu ningali heula posisi Wanggai langsung umpan. Gul kadua kotka aambekan atuh Manahati ka Bauman jeung Wanggai, teu kaci gulna wancu kitu. Langsung diingetan ku Bauman kalau ini bukan winning eleven.

Gol ketiga mah seperti tadi diceritakan di atas, kereteg hate dari sepasang manusia kembar. Satu di Bantul, satu di Bandung. Mantap Betul!

PR Bah Gomez

Tugas Bah Gomez berikutnya adalah memperbaiki lini belakang nu jauh dari kecuneoman. PS TIRA bisa oge wanieun pas di wilayah pertahanan Persib mah. Rakic, Wawan jeung Dani berhasil memanfaatkan pertahanan Persib nu keur hatinya kacau karena meletus balon hijau. Ardi tidak serapih seperti biasanya dalam bertahan, faktor cape kurang istirahat oge jigana ngaruh. Sabaraha kali Ardi kaciri ngalamun, membiarkan Dani lulumpatan di posnya Ardi.

Victor jeung Indra jigana bukan bek ideal pisan mun Bojan absen. Tapi saha deui? Sabil malah lewih ngawur euy. Miskom sering terjadi antara Indra jeung Victor, jiga pas aya bola piceuneun nu kuduna salah sahiji bisa nitah ka nu lainna buat najong, eh malah duanana najong padahal kondisi di lini belakang lagi aman oge. Dengan kondisi Victor nu ringkih dan Indra yang masih butuh bimbingan rada rawan sih mun lawan penyerang nu lebih pinter neangan peluang. Semoga ieu cuma masalah komunikasi, seperti kekasih yang baru mulai bobogohan. Dan semoga sih Bojan oge teu loba absen, masih ada ketidaktenangan pas Bojan absen.

Deden geus mulai kudu diparkir dulu euy. Tiga pertandingan terakhir ieu selalu salah dalam mengambil keputusan jeung menempatkan posisi. Bola ka mana, luncat ka mana. Bola can nepi gawang eh geus luncat jadina Deden mendarat, bolana asup ka gawang. Boga 2 kiper alus dengan kualitas nu hampir sarua ieu, rotasi weh lah. Biarkan Deden istirahat dulu.

Ke Bantul bukan untuk makan klatak

Tapi mencari kemenangan untuk tetap di puncak

Tampil trengginas bukan engas

Walau wasit sempat ambil keputusan kurang waras

Maung Bandung pantang pulang sebelum menang

Perjuangan hingga akhir berujung 3 poin, bikin tim ibukota kunang-kunang

Untuk sementara,

Puncak dingin sekali kawan!

 

Salam, [Fah, Zky, Iqh, Jay/Bus]

 

#SalamLPM

  • Salam buat kamu yang baru putus sebulan yang lalu, jol bulan agustus rek nikah jeung batur (Ipung di Plered)
  • Salam buat Raniaku di Bagusrangin (Ricky W Saputra di Panatayuda)
  • Teruntuk Almarhum Aki saya. Semoga Aki nonton juga Persib di sana. Saya kangen SMS aki tiap Persib bikin gol atau main butut (Yudi Goenadi di Shangri-La)