Wasit Iwan Sukoco

*artikel ini original-nya dimuat di blog northsideterracesupporter.wordpress.com pada 15 Januari 2013. diposting kembali tanpa revisi sama sekali. 

Pertandingan kedua PERSIB di ISL 2013 akan berlangsung hari Kamis 17 Januari 2013. Pertandingan melawan Persiwa Wamena tersebut akan dipimpin wasit asal Malang, Iwan Sukoco. Berikut hasil penelurusan kami mengenai wasit TNI berpangkat serma tersebut.

Iwan Sukoco baru bertugas di ISL pada musim 2011/2012. Di musim lalu, Wasit Iwan dua kali meminpin pertandingan PERSIB. tanggal 3 desember 2011 Iwan bertugas menjadi pengadil pada match PERSIB vs persiram. PERSIB memenangkan pertandingan dengan skor 3-2. Sebulan kemudian, tanggal 9 januari 2012, pada duel el classico PERSIB melawan psms Iwan kembali bertugas dan PERSIB kembali menang 3-1.

Ada satu kesamaan di dua pertandingan tersebut, yaitu PERSIB bermain imbang melawan tamunya saat babak pertama usai. Saat menghadapi persiram skor pada half time adalah 1-1. Keunggulan PERSIB pada menit ke 10 melalui gol Airlangga disamakan oleh tendangan penalti Okto Maniani di menit 13, setelah Abanda melakukan hand ball di kotak penalti. Dua gol tambahan PERSIB dibuat oleh own goal Kubay dan Penalti Radovic karena hand ball pemain persiram. Gol tambahan persiram dicetak oleh boumsong setelah berhasil lolos dari offside. Di pertandingan ini, gol airlangga sempat dianulir karena dianggap offside. 2 kartu kuning dikeluarkan untuk pemain persiram.

Pada pertandingan selanjutnya yang diwasiti oleh Iwan, Psms sempat menahan imbang PERSIB tanpa gol di babak pertama. Di babak kedua, aliyudin dan Abanda membawa PERSIB unggul dua gol, Osas Saha kemudian memperkecil kedudukan menjadi 2-1. Di menit 90 Moses Sakyi mencetak gol ketiga PERSIB. 3 kartu kuning dikeluarkan oleh Iwan. Satu untuk Pena, dan dua untuk Mang Ono. Hariono mendapat kartu kuning kedua karena gelut dengan pena.

Selain di ISL 2011/2012, Iwan juga sempat menjadi wasit saat PERSIB mengalahkan tuan rumah persita di Piala Indonesia 2010. Tugas pertama Roby Darwis ketika menggantikan Jaya Hartono itu menghasilkan kemenangan 4-1 bagi PERSIB. Gonzales mencetak hattrick, sedangkan Irwan Wijaswara mencetak satu-satunya gol selama karirnya sebagai pemain PERSIB. tak ada kontroversi dalam pertandingan ini. Pelatih persita Endang, mengakui tim nya kalah kelas dari PERSIB.

Penelusuran kami tidak menemukan adanya kejadian kontroversial yang berbuntut protes berlebih saat Iwan memimpin pertandingan PERSIB. Drago Mamic memang sempat mengungkapkan ketidakpuasannya karena Iwan dinilai beberapa kali merugikan PERSIB dengan membiarkan psms bermain kasar. Mamic terutama menyoroti tekel terhadap Airlangga di kotak penalti psms yang tidak dihukum oleh Iwan.

Jejak rekam Iwan Sukoco sebenarnya tidak terlalu bersih dari kontroversi. Laga antara psir rembang melawan persiku kudus di divisi utama pada bulan april 2011 berbuntut protes resmi psir kepada pssi. Di pertandingan itu Iwan memberi persiku penalti. Kapten psir, Rene Martinez, mengaku mendengar Iwan berkata bahwa dia diancam akan dibunuh jika tidak memberi penalti kepada persiku. Di pertandingan lain saat melawan pss sleman, Rene juga diberi kartu merah oleh Iwan Sukoco.

Saat psis mengalahkan mitra kukar di liga ti phone 2011, gol kedua psis berbau kontroversi karena keputusan ragu-ragu Iwan. Wasit bertindak ragu saat pemain psis, Rodrigo Santoni terjatuh karena dilanggar. Walau sempat menghentikan pertandingan, Iwan tetap mengesahkan gol Imral Usman yang terjadi karena bola tetap bergulir saat itu. Masih di pertandingan tesebut, Iwan mengusir kapten mitra kukar, alex pulalo karena memukul indriyanto.

Keputusan ragu-ragu kembali dikeluarkan Iwan saat psim jogjakarta mengalahkan persiku 3-1. Gol ketiga psim saat itu dinilai sudah melewati garis gawang walau semua pemain persiku yakin belum. Pertandingan akhirnya menjadi semakin kasar dan dua kartu merah untuk pemain persiku keluar dari saku iwan. Salah satunya untuk kapten persiku, Junaidi.

Di pentas ISL, saat pelita menghajar persisam 4-1 Iwan diprotes kubu persisam yang mengesahkan gol kedua pelita lewat sundulan safee karena pemain malaysia itu offside. Lebih mundur ke belakang, tahun 2009 kepeminpinannya yang kurang tegas juga diprotes persebaya saat kalah dari gresik united. Pertandingan berhenti 10 menit karena protes pemain persebaya dan bonek yang masuk ke lapangan.

Melihat rekor milik iwan tersebut, PERSIB harus sedikit waspada jika pertandingan menjurus keras. Iwan tampaknya bertendensi untuk membiarkan pertandingan yang keras belanjut menjadi kasar. Di masa lalu, wasit ini juga seperti punya hobi mengkartumerahkan kapten. Walau begitu, bolehlah bobotoh berharap PERSIB menang besar karena selama di wasiti oleh Iwan Sukoco PERSIB selalu bisa mencetak minimal 3 gol. 🙂

Statistik Iwan Sukoco di ISL dari soccerway.com:

Matches : 4 games | Yellow Card : 15 | Direct Red Card : 0 | home wins : 3 | Draws : 0 | Away Wins: 1

Follow kami di twitter @stdsiliwangi

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp